Menhub Jonan Wisuda Perwira Transportasi

Jakarta, Airmagz – Sedikitnya ada 1.776 orang perwira berbagai moda transportasi yang mengikuti wisuda secara langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, di Lapangan Monas Jakarta, Kamis (10/9).

Dalam amanatnya Menhub mengatakan wisuda perwira transportasi merupakan titik awal untuk mengabdi dan membangun karier pengabdian kepada nusa dan bangsa. Perjalanan masih jauh dan medan perjuangan makin berat.

“Jadikan ilmu dan pengetahuan dari kampus untuk bekal mengabdi dalam kehidupan yang sesungguhnya. Medan pengabdian di masyarakat jauh lebih sulit dan berat,” kata Menhub Ignasius Jonan.

Oleh karena itu, Menhub meminta seluruh perwira transportasi untuk terus belajar dan mengembangkan ilmu dan keterampilan khususnya di bidang teknis perhubungan. “Ragam masalah dan tantangan sektor transportasi makin berat dan kompleks. Semua itu harus bisa diantisipasi dengan peningkatan kapasitas SDM yang memadai,” tegasnya.

Oleh karena itu dia menambahkan, ilmu dan pengalaman dari kampus juga harus ditambah dan diperkaya dengan dinamika dan perkembangan masyarakat yang dihadapi. “Butuh kerja keras, displin tinggi serta kearifan lokal masing-masing daerah. Semua menjadi tantangan kalian para perwira transportasi ke depan. Baik buruknya bangsa ini akan sangat tergantung pada kerja keras dan pengabdian saudara para perwira transportasi ini,” tandas Menhub.

Siapkan SDM Transportasi Yang Profesional

Badan Pengembangan SDM Perhubungan terus berkomitmen untuk mendidik dan menyiapkan SDM profesional bidang transportasi. “Saat ini, kita usai wisuda 1.776 orang perwira berbagai moda transportasi. Jumlah itu akan terus ditambah baik jumlah atau kualitasnya,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahyu Satrio Utomo,SH, M.Si usai acara wisata tersebut.

Sebenarnya ada 3.000 perwira yang dihasilkan 24 sekolah-sekolah BPSDM Perhubungan tahun ini. “Namun total perwira transportasi yang diluluskan tahun ini lebih besar lagi. Cuma yang ikut wisuda terpadu sebesar itu,” kata dia.

Dijelaskan Wahyu, paling banyak perwira pelaut yang diluluskan. Jumlah sekolah pelaut juga paling banyak yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai Banda Aceh, Jakarta, Surabaya, Makassar sampai Sorong, Papua Barat.

Sementara, taruna baru yang masuk tahun 2015 ini, papar dia, sebanyak 2.778 orang. “Mereka kini tengah Diklat Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna Transportasi di Puslatpur 4 Purboyo, Malang,” katanya. “Akhir bulan ini akan selesai dan dikukuhkan sebagai taruna transportasi di kampus masing-masing,” ujarnya. Diklat dasar tersebut diberikan sebagai upaya membentuk dan membangun karakter calon perwira yang baik, profesional, mempunyai dedikasi tinggi dan solidaritas yang tinggi.

“Saat mereka masuk kampus, sudah mempunyai framework yang bagus, sopan santun serta kesebersamaan sebagai sesama korp taruna transportasi yang baik,” jelasnya.(TS)

Share :
You might also like