Menhub Siap Donorkan Plasma Darahnya Untuk Pasien Covid-19

Jakarta, airmagz.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya siap mendonorkan plasma darahnya untuk menangani pasein Covid-19. Setelah kesembuhan dirinya dari penyakit tersebut.

“Saya memang sudah dimandatkan oleh RSPAD dan saya mau, anaytime saya diminta darahnya, karena darah itu berguna, saya gak ngomong apa-apa, saya yes karena itu berguna untuk masyarakat,” katanya, saat telekonferensi bersama Tim Dokter RSPAD Gatot Subroto, Senin (27/4).

Situs resmi Food and Drug Administration (FDA) menyebut terapi plasma darah atau Convalescent plasma menjadi opsi penyembuhan Covid-19 dengan tingkat keberhasilan yang tinggi di China.

Convalescent plasma, dilakukan dengan cara memasukkan plasma darah penuh antibodi milik pasien yang telah sembuh ke tubuh penderita Covid-19.

Sementara itu Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto dr. A. Budi Sulistya mengungkapkan, Menhub dinyatakan sembuh setelah melakukan dua kali pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 yang hasilnya negatif.

“Artinya dari kriteria kesembuhan dari sebuah kasus Covid-19, beliau sudah negatif dan pada saat ini dalam proses pemulihan pasca rawat serta perawatan beberapa penyakit yang menjadi latar belakang sebelumnya,” ujarnya.

Terhitung sejak 16 Maret, Budi karya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di RSPAD sampai tanggal 31 Maret. Setelah keluar dari rumah sakit, Menhub mendapatkan perawatan langsung dari dokter di rumahnya. (IH)

Share :
You might also like