Dampak Pandemi, Pilot ini Banting Stir ke Pengemudi Ojek Online

Jakarta, airmagz.com – Nasib seorang pilot maskapai berada di ujung tanduk. Pekerjaan mereka kini tengah genting lantaran wabah corona (Covid-19). Akibatnya, banyak maskapai yang mulai menerapkan berbagai kebijakan kepada para karyawan, mulai dari memotong gaji, merumahkan, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Seperti yang dialami Kritee Youngfuengmont. Dilansir dari The Star, pria yang bekerja sebagai pilot di maskapai Thailand, Thai Airways, memilih untuk banting stir ke pengemudi ojek online. Sejak sebulan lalu, pria berusia 36 tahun ini tak lagi menerbangkan pesawat komersial.

Kritee mengatakan bahwa pekerjaan menjadi ojek online memang tidak glamour, tetapi maskapai tempatnya bekerja memotong penghasilannya 50%. Sementara dia memiliki beberapa cicilan yang tidak kenal virus corona.

“Hidup ini tidak bisa diprediksi, yang tak terduga bisa terjadi kapan saja. Anda bisa menikmati hidup senang-senang, tiba-tiba semua berantakan,” ucap Kritee seperti dikutip The Star.

Selama menjalani profesi sebagai sopir ojol, setiap hari dia mendapatkan 1500 baht atau lebih kurang Rp700 ribu. Jumlah tersebut bisa membuatnya bertahan setidaknya sampai pandemi berakhir.

“Ketika kesulitan terjadi, kamu harus memilih, kamu mau menyerah atau bertarung. Kamu juga harus memiliki solusi jangka pendek sebagai pegangan sembari mencari jalan keluar terbaik,” urainya. (DP)

Share :
You might also like