VoltAero Pamerkan Bentuk Baru Cassio Pesawat Bertenaga Listrik

Jakarta, airmagz.com – Upaya Prancis mengembangkan transportasi udara bertenaga hybrid-listrik pada pesawat yang mampu mengangkut sepuluh orang penumpang dengan Jarak tempuh 650 km terungkap pada 6 Mei lalu.

Dikutip dari Flight Global, Cassio VoltAero akan menampilkan prop pendorong tunggal, sayap belakang-mount, ekor tinggi pada boom kembar dan canard.

Bentuk ini sangat berbeda dari twin puller prototipe pendorong tunggal yang ditunjukkan sebelumnya, termasuk pada pertunjukan udara Paris 2019.

Sementara itu Cessna Skymaster sedang dimodifikasi secara cepat dengan sistem propulsi listrik hibrida VoltAero dan paket baterai. Untuk uji penerbangan, akan dilakukan di kantor pusat perusahaan di aerodrome Royan-Medis antara Bordeaux dan La Rochelle, di pantai Atlantik.

Penerbangan awal menampilkan dua motor listrik yang dipasok Safran ENGINeUS 45 dan paket baterai dalam mode penarik yang ditambahkan di sayap. Dengan mesin termal yang dipasang di belakang Skymaster akan memberikan daya; baling-baling mesin termal menghadap ke depan yang berhadapan dengan hidung Skymaster.

Dalam bentuk produksi, prop pendorong tunggal akan ditenagai oleh mesin pembakaran internal, mesin bensin Nissan yang menggerakkan tiga motor listrik 60kW.

Dalam operasi standar, motor listrik akan digunakan untuk lepas landas dan pendaratan yang relatif diam dengan rentang pemanjangan mesin atau tersedia untuk penggerak langsung baling-baling.

Sistem penggerak hybrid – mampu memberikan tenaga mekanis dan listrik langsung ke baling-baling sesuai kondisi penerbangan.

Konsep VoltAero adalah modular, dan perusahaan berencana untuk menawarkan tiga varian. Yang pertama dipasarkan pada akhir 2022 adalah Cassio 330 empat kursi yang menampilkan sistem penggerak 330kW. Cassio 480kW 480-kursi enam dan 600-kursi Cassio 600 dijadwalkan untuk beroperasi masing-masing pada tahun 2023 dan 2024. (IH)

Share :
You might also like