Kemenparekraf Resmi Buka Pelatihan Bahasa Inggris Daring Untuk Pelaku Wisata

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Cakap, hari ini resmi membuka pelatihan bahasa Inggris daring untuk 100 orang pelaku wisata di seluruh Indonesia.

Secara keseluruhan jumlah yang mendaftar mencapai 678 orang, namun tim Cakap melakukan seleksi dua tahap hingga menyisakan 100 orang yang berhak mengikuti pelatihan selama enam bulan. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sampai akhir akan mendapatkan sertifikasi kompetensi.

“Kami sebagai start up di bidang edukasi dan teknologi sangat senang dapat berpartisipasi membantu mengurangi dampak negatif dari Covid-19 ini di bidang pariwisata,” kata CEO Cakap Tomy Yunus, saat pembukaan pelatihan via telekonferensi, Rabu (13/5).

Tomy juga mengungkapkan dengan kemampuan berbahasa asing siapapun akan memiliki kesempatan dua kali lebih besar dalam memperoleh pendapatan dan membangun jaringan, terlebih bagi pemandu wisata dan pengelola homestay.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pelaku wisata.

“Kita tingkat kualitas, mudah-mudahan semuanya mendapat peluang yang sama masyarakat di seputar destinasi, terutama lima destinnasi yang jadi prioritas,” tuturnya.

Tidak hanya bahasa Inggris, peserta pelatihan juga akan diberikan materi hospitality dengan mempelajari keanekaragaman pariwisata Indonesia dan pengembangan wisata di daerahnya masing-masing.

Semantara itu, Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Fransiskus Xaverius Teguh mengungkapkan alasannya memilih Cakap sebagai mitra kerjasama, karena Cakap memiliki kredibilitas dan konsep program yang bagus.

“Cakap mempunyai program yang bagus, baik menyangkut metode pembelajaran, dan asesmen, sehingga akhirnya kita bisa belajar dengan menyenangkan,” ujarnya.

Fransiskus mengharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini mereka memiliki kompetensi yang memadai agar bisa langsung dipraktikan di bisnisnya masing-masing. (IH)

Share :
You might also like