Ryanair Putuskan Kembali Mengudara pada Juli 2020

Jakarta, airmagz.com – Maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Irlandia, Ryanair, umumkan akan mengoperasikan kembali penerbangan harian pada Juli mendatang. Kembalinya pengoperasian ini dilaksanakan hingga 1.000 jadwal penerbangan per harinya.

Dilansir dari Associated Press, Ryanair akan menjalankan 90 persen rute penerbangan mereka dengan frekuensi yang lebih sedikit dibandingkan saat kondisi normal. Selama pandemi berlangsung, Ryanair telah mengoperasikan 30 penerbangan harian dengan rute Irlandia, Inggris dan Eropa.

“Setelah empat bulan, saatnya Eropa terbang lagi sehingga kami dapat menyatukan kembali teman dan keluarga, memungkinkan orang kembali bekerja dan memulai kembali industri pariwisata Eropa yang menyediakan jutaan pekerjaan,” kata Kepala Eksekutif Ryanair, Eddie Wilson.

Meski begitu, strategi ini dinilai berisiko. Sebab, Eropa tidak mengizinkan adanya kegiatan saat liburan musim panas nanti. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi mobilitas massa dalam momen tersebut.

Di masa pandemi ini, maskapai menjadi salah satu bisnis yang paling terkena imbasnya. Beberapa maskapai saat ini tengah memutar otak untuk menyelamatkan bisnisnya.

Ryanair sendiri telah menyesuaikan penerbangan dengan protokol pencegahan COVID-19. Misalnya dilarang berbaris mengantre masuk toilet pesawat. Awak kabin akan mengenakan masker dan memberikan layanan terbatas.

Selain itu transaksi dengan uang tunai juga sudah tidak dilayani. Sementara itu mengenai kursi pesawat, masih belum tentu akan ada kursi yang dibiarkan kosong untuk menjaga jarak antar penumpang.

Para penumpang yang akan terbang pada bulan Juli dan Agustus juga diminta untuk menyatakan lamanya kunjungan dan alamat tujuan mereka pada saat check-in. Informasi itu nantinya akan diberikan pada pemerintah untuk memantau penumpang yang harus menaati aturan isolasi. (DP)

Share :
You might also like