Industri Dirgantara Butuh 6-12 Bulan untuk Kembali Normal

Jakarta, airmagz.com – Industri penerbangan diprediksi kembali beroperasi dalam waktu lama untuk pulih dari dampak pandemi corona. Bisnis ini membutuhkan waktu normal setidaknya enam hingga 12 bulan ke depan.

Direktur Eksekutif Southwest Airlines, Garry Kelly mengungkapkan, maskapai memerlukan waktu 6-12 bulan agar bisa kembali normal. Sebab, pandemi corona memaksa mereka untuk menghentikan operasional penerbangan.

“Hal ini pun memicu terjadinya pembatalan penerbangan secara global dan menyebabkan sejumlah maskapai mengalami kerugian yang sangat besar,” ungkap Kelly seperti dilansir Reuters, Jumat (15/5).

Dalam kondisi yang penuh perjuangan ini, tambah Kelly, perusahaannya telah menawarkan beberapa pilihan kepada karyawannya. Karyawan Southwest diperbolehkan meninggakan perusahaan atau pun tetap bekerja dengan upah yang disesuaikan.

Kelly mengatakan, sekitar 21 persen tenaga kerja aktif perusahaan memilik untuk tetap bekerja dan dibayar sebagian dari upah biasanya. Saat ini, maskapai telah menerima bantuan sebesar USD3,3 miliar dari pemerintah.

Southwest juga mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman sebesar USD2,8 miliar ke pemerintah melalui paket stimulus CARES Act. Maskapai juga memiliki dana tunai dan investasi jangka pendek senilai USD9,3 milar. (DP)

Share :
You might also like