Airbus Buka Pabrik Perakitan A220 di Alabama AS

Jakarta, airmagz.com – Airbus membuka pabrik perakitan A220 baru di Mobile, Alabama. Pabrikan telah memproduksi A220 di Mobile sejak pertengahan 2019, namun melakukannya di hangar untuk memproduksi A320, dan di hangar pendukung.

Sementara itu, perusahaan membangun pabrik perakitan A220 baru di tanah seluas 25.100 m² yang mampu menampung lima stasiun perakitan. A220 sekarang akan dirakit di pabrik baru, meskipun mereka akan menggunakan hangar lain untuk pekerjaan tambahan.

“Tim bersemangat untuk mulai bekerja di fasilitas baru untuk menyambut pelanggan baru, ini juga berkat dukungan kuat dari JetBlue di saat yang penuh tantangan ini,” kata Paul Gaskell, Presiden A220 USA dan Kepala Program A220 di Mobile, dikutip dari laman Airbus, Selasa (19/5).

Proses perakitan A220 dipindahkan ke Mobile dimulai beberapa tahun yang lalu selama serentetan perdagangan antara Boeing dan Bombardier. Boeing menuduh penjualan Bombardier atas CSeries yang saat itu disebut dengan harga murah merugikan industri AS, dan mendesak pemerintah AS untuk merubah tarif impor CSeries.

Bombardier akhirnya memenangkan kasus ini, tetapi tidak sebelum Airbus turun, menyetujui pada 2017 untuk mengakuisisi CSeries dari Bombardier yang bermasalah secara finansial.

Untuk menghindari potensi tarif dengan membuka jalur produksi CSeries di Mobile, dimana Airbus telah membuat A320.
Airbus mengakuisisi kepemilikan mayoritas CSeries pada tahun 2019, berganti nama menjadi A220 dan mulai memproduksi A220 di Mobile pada tahun 2019, dengan pesawat pertama yang ditujukan untuk Delta Air Lines.

Airbus mulai mengerjakan A220 buatan-Mobile pertama untuk pelanggan AS yaitu JetBlue Airways. JetBlue memesan 70 unit A220, menurut data armada Cirium.

“Perluasan produksi pesawat komersial kami di Mobile dari Keluarga A320 ke A220 semakin memperkuat posisi Airbus sebagai produsen pesawat yang benar-benar global, dan menegaskan bahwa Airbus tetap menjadi bagian penting dari lanskap manufaktur Amerika,” pungkas Gaskell. (IH)

Share :
You might also like