Boeing-built X-37B Luncurkan Misi Kedua untuk Angkatan Udara AS

Jakarta, airmagz.com – Pesawat ruang angkasa otonom X-37B buatan Boeing pada Minggu (17/5), diluncurkan di atas roket United Launch Alliance Atlas V yang dirancang secara unik.

Boeing adalah kontraktor utama untuk pesawat ruang angkasa X-37B dan memfasilitasi integrasi semua eksperimen ke dalam kendaraan untuk memastikan mereka menerima layanan tenaga, termal, dan data yang benar yang diperlukan.

Boeing juga bekerja untuk mengidentifikasi peluang percobaan platform yang dapat digunakan kembali di masa depan pada setiap misi.

Misi keenam X-37B adalah yang pertama menggunakan modul layanan dengan kemampuan payload tambahan untuk mendukung berbagai percobaan untuk banyak mitra pemerintah.

Misi tersebut akan menggunakan FalconSAT-8, satelit kecil yang dikembangkan oleh Akademi Angkatan Udara A.S. dan disponsori oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Udara, untuk melakukan eksperimen di orbit. Selanjutnya, dua percobaan NASA akan mempelajari dampak radiasi dan efek ruang lainnya pada bahan dan biji tertentu yang digunakan untuk menanam makanan.

Eksperimen lain oleh Naval Research Laboratory akan mengubah tenaga surya menjadi energi gelombang mikro frekuensi radio yang kemudian dapat ditransmisikan ke tanah. Selain itu, misi ini akan menguji teknologi kendaraan ruang angkasa yang dapat digunakan kembali.

X-37B pertama kali diluncurkan pada April 2010. Awalnya dirancang untuk misi berdurasi 270 hari, X-37B telah menetapkan rekor ketahanan selama masing-masing dari lima penerbangan sebelumnya. Baru-baru ini, X-37B menghabiskan 780 hari di orbit sebelum kembali ke Bumi pada Oktober 2019.

“X-37B telah menggeser paradigma dan mendefinisikan kembali efisiensi dalam pengembangan ruang angkasa. Kemajuan teknologi yang cepat yang dimungkinkan oleh program ini akan menguntungkan seluruh komunitas ruang angkasa dan memengaruhi generasi berikutnya dari desain pesawat ruang angkasa,”kata Jim Chilton, senior Boeing Space and Launch, Wakil Presiden Senior.

Program X-37B adalah kemitraan antara Departemen Kantor Kemampuan Kemampuan Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat. Fungsi-fungsi manajemen program Boeing, rekayasa, pengujian dan misi untuk program Orbital Test Vehicle (OTV) dilakukan di lokasi Boeing di California Selatan dan Florida. (IH)

Share :
You might also like