Penerbangan Perdana, Etihad Kirim Bantuan ke Palestina

Jakarta, airmagz.com – Maskapai asal Uni Emirat Arab, Etihad Airways, lakukan penerbangan pertamanya ke Israel untuk mengirimkan bantuan darurat Covid-19 ke Palestina pada Selasa (19/5). Penerbangan rute Abu Dhabi ke Tel Aviv tersebut menjadi penerbangan pertama ke Israel untuk pertama kali sepanjang sejarah berdirinya Etihad.

Sebagaimana dilansir Reuters, Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan satu pun negara di Teluk Arab. Penerbangan komersial antara Israel dan UEA juga tidak pernah terjadi.

Namun, keprihatinan yang timbul akibat pengaruh Iran di wilayah Teluk Arab membuat hubungan mencair antara Israel dan negara-negara Teluk. Pencairan tersebut berujung pada Arab Saudi yang membuka akses penerbangan ke Israel untuk pertama kalinya, dengan maskapai Air India rute New Delhi dan Tel Aviv.

“Etihad Airways mengoperasikan penerbangan kargo kemanusiaan khusus dari Abu Dhabi ke Tel Aviv pada 19 Mei untuk menyediakan pasokan medis ke Palestina,” ujar juru bicara Etihad.

Selain itu, sebuah rekaman video juga menunjukkan seorang kru bandara Ben Gurion, Tel Aviv, yang sedang membongkar tumpukan kardus dengan spanduk besar di atasnya yang bertuliskan “UEA AID: bagi Palestina untuk memerangi Coronavirus (COVID-19).”

Menurut pernyataan dari salah satu Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah (UNESCO), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengakomodir pasukan medis mendesak dari UEA untuk menekan penyebaran virus di Palestina.

“Bantuan tersebut termasuk alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis. Terutama, sepuluh ventilator yang sangat dibutuhkan,” bunyi pernyataan tersebut. (DP)

Share :
You might also like