Hasil Sampel Tes Swab 140 Warga Sawahlunto Dinyatakan Negatif Covid-19

Sawahlunto, airmagz.com-  Hasil pemeriksaan Laboratorium  Biomedik Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang, Sumatera Barat, menyatakan 140 warga Kota Sawahlunto yang diambil sampel lendir hidung dan tenggorokannya melalui tes swab covid-19 pada tanggal 26 Mei 2020 di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) dinyatakan negatif corona virus desease covid-19.

Informasi itu diperoleh dari sumber terpecaya Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB, Yasril,SKM, MM, serta Kepala Kesbangpol BPBD Adri Yusman,S.Sos MM, yang dikontak airmagz.com melalui jaringan telepon Sabtu pagi (30/5).

Yasril mengutarakan rasa syukurnya atas kepanikan yang berubah sementara menjadi kebahagiaan bahwa 140 yang di swab dinyatakan negatif covid-19. “Alhamdulillah, Allah Subhanahuwataala membkahi doa kita semua sehingga 140 warga Sawahlunto dari berbagai profesi termasuk pedagang dan warga Sikalang yang diduga kontak dengan “YH” dan “ES”  serta “DC” yang sudah menjalani tes swab pada tanggal 26 Mei 2020 dinyatakan negatif covid-19. ” ungkap Yasril, bersyukur.

Dia melanjutkan, saat kabar ini disampaikan yang belum keluar hasil laboratoriumnya adalah tes swab tanggal 27 Mei 2020, didalamnya ada juga warga hasil tracing (pelacakan) yang diambil sampelnya swab karena sempat kontak dengan pria “YH” seorang penyalur barang (kamfas) kebutuhan harian rumah tangga yang positif covid-19 dan kini di karantina di daerah tetangga.

Sebagaimana pernyataan sebelumnya Kepala BPBD Adri Yusman, ada 30 pemilik kedai atau pedagang di Kecamatan Kecamatan Silungkang, Lembah Segar, Kecamatan Barangin, dan Kecamatan Talawi, yang sempat kontak dengan pria positif covid-19 “YH”. Tetapi berkemungkinann besar yang di swab tanggal 26 Mei baru 9 orang dari Kecamatan Silungkang, kemudian telah dinyatakn negatif covid-19.

Yasril memperkirakan hasil laboratorium untuk swab tanggal 27 Mei ini akan keluar dalam waktu dekat. Tetapi melihat gambaran yang ada sampel swab yang diambil tanggal 27 Mei 2020 sebanyak 141 orang diharapkan juga akan menghasilkan negatif covid-19. Perkiraan ini menurutnya tergambar dari antisipasi kondisi dilapangan yang cukup ketat bagi orang luar Sawahlunto untuk masuk dan keluar tanpa pemeriksaan di ceck point pintu masuk kota dari berbagai arah.

“ Jika mereka masuk yang di swab sebanyak 140 orang  pada tanggal 26 Mei itu, maka hasilnya sudah dinyatakan semua negatif covid-19 oleh pihak laboratorium. Termasuk seluruh warga Desa Sikalang yang dikarantinan atau isolasi mandiri di desa setempat, kondisinya Insya Allah  aman dan negatif covid-19.” Ungkap Yasril.

Setelah menerima laporan pihak laboratorium Unand, Yasril langsung menyampaikan berita tersebut ke Kepala Desa Sikalang Edi Narwin Daulai tentang di perbolehkannya 10 warga sempat kontak dengan positif “ES” yang di isolasi mandiri di Geduang TPA/TK Desa Sikalang  untuk bersiap-siap pulang kerumah masing-masing. “ES” menurut Yasril diperkirakan terinfeksi dari tamu berasal dari luar Sawahlunto.

Warga pasien positif “ES” kini mendapat peraawatan dan isolasi di RSUD Sawahlunto karena terkait juga dengan permasalahan hipertensi, sebelumnya yang bersangkutan di isolasi atau karantinan di BDTBT. Sedangkan “DC” wanita positif covid-19, kemarin sempat di larikan ke RSUD karena permasalahan bagian lambung, tapi kini sudah kembali ke karantina BDTBT. Sedangkan Hendra Yuheldi seorang pedagang sayur satu-satunya sempat kontak dengan “DC”  menurut Yasril juga dinyatakan negatif covid-19 dan diperbolehkan siang ini untuk pulang kerumahnya. (IYD)

 

Share :
You might also like