Tips Aman Berbelanja di Bandara

Jakarta, airmagz.com – Bagi Anda yang biasa beraktivitas ke luar daerah tentu sangat akrab dengan suasana bandara. Yang pasti bandara bukan hanya tempat untuk menunggu pesawat lepas, tapi juga menghadirkan beragam fasilitas buat traveler mengisi waktu sembari menunggu perjalanan dimulai.

Mulai dari ritel tempat berbelanja kebutuhan traveling, buku bacaan, pakaian olahraga, oleh-oleh, hingga stand-stand yang menjual makanan lezat ada di bandara. Semuanya bisa kamu eksplorasi selama di bandara.

Di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, sendiri, tenant ritel dan F&B sudah mulai dibuka kembali setelah sempat ditutup karena pandemi. Pembukaannya pun tak sembarangan, ada ketentuan yang mesti dipatuhi para pemilik.

Angkasa Pura II menghadirkan sejumlah tips agar penumpang dan pengunjung bisa tetap nyaman dan aman ketika berbelanja di area komersial bandara. Simak tipsnya!

1. Lakukan Transaksi Secara Cashless

Meminimalisir kontak fisik saat berada di bandara dengan melakukan transaksi secara cashless (non-tunai). Kamu bisa menggunakan dompet digital, kartu kredit, debit, atau uang elektronik.

2. Utamakan Aspek Kebersihan dan Kesehatan

Biasakan untuk mengenakan masker saat berbelanja makanan, minuman atau produk lainnya saat di bandara. Jangan lupa pula untuk mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang yang dipajang.

3. Ingat Waktu

Jangan terlalu gegabah. Sebelum berbelanja, Anda mesti memperhitungkan betul waktu yang tersedia untuk berbelanja dan waktu boarding. Apalagi di masa seperti sekarang, aspek kebersihan dan kesehatan lebih dikedepankan. Sehingga seluruh proses dan prosedur yang terjadi bandara bisa jadi butuh waktu yang lebih lama. Lalu-lalang di dalam tenant juga tidak akan bebas seperti halnya kondisi normal.

4. Pilih Take-away Ketimbang Dine In

Enggak usah takut kelaparan di bandara, karena ada beragam restoran yang menyajikan hidangan lezat untuk memenuhi ‘tangki’ Anda. Walau begitu, Angkasa Pura II menyarankan agar Anda lebih memilih take away atau membawa pulang ketimbang dine in atau makan di dalam restoran.

Anda bisa membawa makanan atau minuman yang telah dibeli ke boarding lounge atau area lainnya dan menikmatinya di sana. Sebab, di area tersebut sudah terdapat jajaran kursi yang dilengkapi rambu-rambu physical distancing.

5. Jangan Lupa Physical Distancing

Penumpang pesawat maupun karyawan mesti selalu memperhatikan physical distancing. Ketika ingin memasuki area tenant, Anda mesti melakukannya secara bergantian dan bukan bergerombol.

Begitu pula saat transaksi, Anda harus menerapkan physical distancing dengan jarak 2 meter. Restoran dan meja makan juga telah diatur sedemikian rupa, jadi Anda tak perlu khawatir.


6. Jangan Langsung Gunakan Barang yang Baru Dibeli

Barang-barang yang Anda beli di bandara sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cairan disinfektan sebelum digunakan. Kalau tidak memungkinkan, maka lebih baik dibersihkan dulu saat kamu sudah sampai di kota tujuan (destination) sebelum digunakan.

7. Belanja dengan Cepat

Guna menghemat waktu agar Anda tak terlalu lama berada di kerumunan, pastikan Anda sudah tahu barang-barang yang perlu dibeli di terminal penumpang. Sehingga saat tiba di tenant tujuan, Anda tak lagi lama-lama berkeliling hanya untuk mencari tahu barang yang hendak dibeli. (SS)

Share :
You might also like