Jalani New Normal dengan Menjaga Kecukupan Asupan Gizi

Jakarta, airmagz.com – Marketplus.co.id – Pemerintah telah menerapkan tatanan new normal yang memungkinkan masyarakat dapat menjalankan aktifitas sehari-hari namun tetap mengacu kepada perubahan budaya yang diperlukan dalam menghadapi kondisi pandemi.

Untuk itu, Herbalife Nutrition Indonesia menggelar Virtual Nutrition Talk merupakan salah satu bagian dari kampanye perusahaan: Sharing the Power of Good Nutrition (SPGN) sebagai bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung masyarakat Indonesia, konsumen dan komunitas dalam mendapat wawasan seputar asupan nutrisi yang baik, dan mengajak masyarakat hidup aktif dan sehat.

Nutrition Talk ini menghadirkan pakar nutrisi yang juga merupakan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan dan Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari.

Dr. Rimbawan mengungkapkan beberapa rekomendasi asupan nutrisi selama era new normal.

“Dalam kondisi sehat dan aktivitas normal tidak perlu ada perubahan angka kecukupan zat gizi, namun dengan mencukupi semua kebutuhan zat gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar sistem imun tetap terjaga dengan baik, selama masa pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang dan 10 pesan gizi seimbang,” ujar Rimbawan.

Mengkonsumsi makanan seimbang harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh sel tubuh. Ada beberapa tips dalam mengkonsumsi makanan seimbang:

1. Sertakan protein dalam nutrisi harian Anda Selain dikenal sebagai pondasi tubuh, protein juga memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dibutuhkan untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Protein dapat kita peroleh dari berbagai makan yang mudah didapat seperti ikan, unggas, daging tanpa lemak, makanan kedelai dan produk susu rendah lemak.

2. Konsumsi vitamin dan fitonutrien Vitamin A dan C, serta fitonutrien adalah faktor penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sebagai salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar, Vitamin C mendorong tubuh kita untuk memproduksi antibodi yang melawan penyakit.

Sangat penting untuk mempertahankan asupan vitamin C harian karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Sedangkan, vitamin A mendukung kesehatan kulit kita, jaringan saluran pencernaan kita dan sistem pernapasan.

Fitonutrien, yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan, dapat mengurangi stres oksidatif tubuh kita. Sejumlah fitonutrien telah terbukti mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kekebalan kita.

3. Fokus pada kesehatan usus dengan probiotik dan prebiotik. Sistem pencernaan juga memainkan peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Saluran usus adalah rute utama kontak dengan lingkungan eksternal dan merupakan jalur yang mengandung mikrobioma dan membantu pencernaan serta penyerapan nutrisi.

Memiliki bakteri usus yang tepat telah dikaitkan dengan manfaat seperti penurunan berat badan, peningkatan pencernaan, kulit yang lebih sehat, dan yang paling penting meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meskipun penelitian di bidang ini tidak konklusif atau dapat diterapkan secara universal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan ‘bakteri baik’, berguna dalam menjaga sistem pencernaan, dan prebiotik, jenis serat yang tidak dapat dicerna tubuh manusia, berfungsi sebagai makanan untuk probiotik ini.

4. Tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, adalah jenis lemak sehat dan esensial, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti biji chia dan suplemen seperti minyak ikan. Asam lemak omega3 dapat meningkatkan fungsi sel imun, yang memainkan peran besar dalam sistem bawaan dan adaptif yang merespons infeksi.

Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik – memastikan asupan nutrisi dan olahraga teratur – adalah garis pertahanan pertama Anda dan cara terbaik secara alami menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Share :