Kodam XII Tanjungpura Resmi Gelar TMMD ke-108 di Tiga Wilayah

Kubu Raya, airmagz.com – Kodam XII Tanjungpura, Selasa (30/6/2020) secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di tiga wilayah kabupaten di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, dalam keterangan tertulisnya yang diterima airmagz.com, Selasa (30/6/2020) mengatakan pandemi Covid-19 memang masih menjadi masalah serius bagi bangsa ini.

Namun demikian, menurut Kapendam pembangunan harus tetap berjalan agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.  Inilah yang menjadi latar belakang program TMMD terus dijalankan meski di tengah pandemi.

Ia mengungkapkan, tiga wilayah pelaksanaan TMMD oleh Kodam XII Tanjungpura adalah di wilayah Korem 102 Panju Panjung di Kabupaten Sukamara, Palangkaraya, Kalteng, wilayah Korem 121 Alambhana Wanawai di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang, Kalbar.

TMMD ke-108 ini juga digelar secara serentak di seluruh Kodam di Indonesia, dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

“Hari ini secara resmi TMMD ke-108 di wilayah Kodam XII Tanjungpura dibuka, ada tiga sasaran TMMD kali ini,” kata Kapendam.

Ketiganya adalah Kodim 1014 Pangkalan Bun di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Kalteng, Kodim 1202 Singkawang di Desa Danti dan Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, dan di Kodim 1203 Ketapang di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Kapendam XII Tanjungpura juga menuturkan, pembukaan TMMD ke-108 di wilayahnya dibuka oleh masing-masing pemerintah daerah yang menjadi sasaran TMMD, tanpa upacara.

“Pembukaan hanya ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan pekerjaan TMMD oleh Bupati kepada para Dansatgas TMMD,” tutur Kapendam.

Kapendam Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, juga menjelaskan tujuan dari pelaksanaan TMMD ke-108 ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan.

“Dalam pelaksanaannya, secara keseluruhan TMMD terbagi menjadi dua kegiatan yakni, kegiatan fisik dan non fisik,” jelasnya.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1014 Pangkalan Bun di antaranya, pembuatan embung, pembuatan pos terpadu dan Pos kesehatan Keluarga Berencana (KB).

Untuk di Kodim 1202 Singkawang di antaranya pembangunan dua ruas jalan sepanjang 500 meter dan 3.500 meter dengan lebar 3 meter, penimbunan jalan sepanjang 1300 meter dan pembangunan 4 unit jembatan.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1203 Ketapang, ada tujuh sasaran di antaranya, renovasi tiga Rumah Ibadah, pembangunan sarana air bersih dan pengerjaan pipanisasi, Rabat Beton dua titik sasaran sepanjang 330 meter, serta pembuatan penerangan jalan umum sebanyak sembilan unit.

“Sedangkan untuk kegiatan non fisik adalah dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di lokasi sasaran TMMD,” pungkas Kapendam. (TM)

Share :
You might also like