BURT DPR Apresiasi Ketatnya Protokol Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta, Airmagz.com – Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI menilai, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mematuhi protokol dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di sektor penerbangan.

Pada Senin (6/7/2020), Ketua dan Wakil Ketua BURT DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Terminal 2 Soekarno-Hatta, didampingi oleh President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Hadir pula Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I, Herson.

Foto: Presdir AP II Muhammad Awaluddin bersama Ka Otban Wilayah I Herson mendampingi Ketua dan Wakil Ketua BURT DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Terminal 2 Soekarno-Hatta/Foto-foto dok. AP II/Istimewa

Dalam keterangan resmi yang diterima Airmagz.com, Selasa (7/7/2020), ini dilakukan untuk melihat langsung penerapan protokol yang harus dijalani penumpang pesawat. Sesuai dengan ketentuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

Ketua BURT DPR RI, Agung Budi Santoso, mengatakan protokol dipatuhi secara ketat. Namun, tetap memperhatikan aspek pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat yang ingin bepergian dengan pesawat harus menjalani protokol di tengah Covid-19. Di Terminal 2 Soekarno-Hatta ini protokol sudah baik dijalankan, ketat namun singkat dan tidak bertele-tele,” ujar Agung Budi Santoso.

Apresiasi

Sementara itu, Wakil Ketua BURT DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah, menekankan bahwa, Bandara Soekarno-Hatta mampu mewujudkan layanan publik yang aman dari Covid-19.

“Dengan dijalaninya protokol secara ketat, Soekarno-Hatta dapat menjadi tempat yang aman dari Covid-19,” jelas Achmad Dimyati Natakusumah.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menuturkan Adapun Terminal 2 Soekarno-Hatta saat ini khusus melayani penerbangan rute domestik.

Sebagai bagian dari protokol keberangkatan dilakukan pemeriksaan identitas diri, tiket pesawat, dan surat hasil tes PCR atau rapid test. Diikuti juga pemeriksaan secara fisik terhadap setiap orang yang ingin melakukan perjalanan dengan pesawat.

“Protokol lainnya yang harus dijalani adalah pemeriksaan keamanan di security check point (SCP) 1 dan 2,” tutur Muhammad Awaluddin.

Utilisasi Slot Time Meningkat

Menurut Muhammad Awaluddin pihaknya saat ini fokus bersama stakeholder, adalah menjaga konsistensi dalam mematuhi protokol.

“Kami bersama maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, pihak ground handling, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan lainnya. Setiap saat berkoordinasi intensif agar protokol selalu dapat dijalankan dan dipatuhi secara ketat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, AP II juga telah mengaktifkan kembali rute-rute domestik guna mendukung aktivitas perekonomian Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

“Bulan ini kami canangkan sebagai fase pemulihan atau recovery untuk lalu lintas penerbangan,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Pada periode 1 – 5 Juli 2020, rata-rata penerbangan di Soekarno-Hatta adalah 355 penerbangan per hari. Angka ini meningkat dibandingkan rata-rata penerbangan pada periode 1-30 Juni 2020 sebanyak 243 penerbangan per hari.

“Setiap harinya slot time penerbangan di Soekarno-Hatta adalah 1.154 slot time. Pada awal Juli 2020 rata-rata yang digunakan adalah 355 slot time. Sehingga utilisasi slot time 30,76 persen. Ini sudah sesuai target kami, yaitu utilisasi slot time minimal 30 persen pada tahap awal recovery yang dimulai bulan ini,” pungkas Muhammad Awaluddin. (TM)

Share :
You might also like