5 Kebiasaan Ini Buat Masa Sekolah Lebih Seru

Jakarta, airmagz.com – Masa-masa sekolah adalah masa-masa paling menyenangkan bagi banyak orang. Setuju? Jawabannya bisa Ya atau Tidak. Tugas menumpuk, guru yang galak, atau jadwal les yang padat mungkin jadi alasan kamu bilang tidak.

Padahal, sekolah bukan melulu tentang belajar, belajar, belajar, dan nilai bagus. Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan untuk membuat memori di bangku sekolahmu menjadi lebih indah.

Yuk, simak lima hal yang harus kamu lakukan selama mengenyam pendidikan di sekolah!

  1. Aktif dan ikuti acara-acara di sekolah

Sumber: Unsplash.com

Selagi muda, kamu perlu memperkaya pengetahuan dan pengalaman dengan mengikuti berbagai acara-acara yang diselenggarakan di sekolah. Kamu bisa mulai dari kegiatan ekstrakurikuler, berpartisipasi dalam lomba antar kelas, maupun mengikuti kompetisi tingkat daerah, dan nasional. Selain itu, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dengan aktif dalam berbagai kegiatan tersebut, kamu juga akan belajar tentang tanggung jawab, kerja sama tim, komunikasi, serta cara mengatur waktu yang baik. Semuanya itu bisa dilakukan sesuai dengan bakat dan minat kamu ya.

  1. Perbanyak diskusi dengan guru

Sumber: Unsplash.com

Salah satu keterampilan yang paling dicari saat ini adalah kemampuan berpikir kritis (critical thinking). Berpikir kritis bukan sekedar mengomentari sesuatu, namun bagaimana seseorang dapat menggunakan daya kreativitasnya untuk menemukan solusi/jalan keluar saat menemukan masalah. Kamu bisa mulai mengasah kemampuan ini dengan rajin membaca buku, artikel bermanfaat, dan berdiskusi dengan guru-guru di sekolah. Kamu tidak perlu takut salah atau malu untuk bertanya, karena justru guru-gurumu akan memberikan informasi/persepsi baru yang mempertajam pola pikirmu.

  1. Belajar bareng teman 

Sumber: Pexels.com

Saat belajar di sekolah, tentu kita pernah mengalami kesulitan karena tidak memahami materi pelajaran tertentu atau malas, bukan? Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah belajar bareng teman. Setiap orang memiliki kemampuan dan ketertarikan yang berbeda-beda, untuk itu, kamu bisa mengajak temanmu untuk saling mengajarkan/menjelaskan. Percaya deh, saat kamu membagikan ilmu/mengajarkan seseorang, ilmu itu tidak akan berkurang, tapi justru semakin bertambah. Selain itu, kamu juga bisa saling melempar pertanyaan dan jawaban. Cara ini bisa membantu kamu lebih mudah mengingat/memahami suatu materi jelang ujian.

  1. Tanamkan jiwa kepemimpinan sejak muda

Sumber: Pexels.com

Pada dasarnya, semua orang dianugerahi potensi untuk memimpin. Namun, potensi tersebut harus dilatih terus menerus agar seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik. Dengan menjadi pemimpin, seseorang akan belajar membuat keputusan, berani mengambil resiko, bertanggung jawab, dan bagaimana mengelola anggota timnya. Saat masih di sekolah, kamu bisa mulai dengan mengajukan diri menjadi ketua kelas, sekretaris, maupun bendahara, lho!

  1. Bangun jejak baik di media sosial

Di era serba digital, kamu pasti tidak mau tertinggal dengan teman-temanmu yang kini eksis di media sosial. Kamu juga bisa mulai membangun rekam jejak digital yang baik dan mulai berkreasi dengan kontenmu. Kamu bisa membagikan hobi, ketertarikan, pengalaman menarik, hingga pandangan-pandangan terkait tren terbaru. Kamu juga bisa membuktikan kreativitasmu lewat kontes Watch N’ Win on Vidio yang diadakan NBA dan Vidio, mitra media resmi NBA di Indonesia.

Ini adalah kampanye marketing pertama NBA yang didukung oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Siswa Indonesia hanya perlu mengirimkan foto yang kreatif dan menarik saat menyaksikan pertandingan NBA di Vidio bersama orang tua nya. Para guru juga dapat ikut serta dan memenangkan hadiah dengan mengajak para siswa untuk berpartisipasi dalam kontes ini. Lebih dari itu, sekolah asal guru dan siswa yang menjadi peserta pun berpeluang menjadi salah satu dari 20 sekolah unggulan yang berhak mendapatkan bola basket untuk pelajaran olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler.

Share :
You might also like