Seluruh Destinasi Wisata di Kota Cirebon Sudah Dibuka Kembali

Cirebon, airmagz.com – Sejak penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tempat- tempat wisata di Kota Cirebon Jawa Barat mulai beroperasi kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Khusus untuk Kota Cirebon sendiri sampai dengan saat ini sedang melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang sudah dituangkan dalam Perwali No 28 tahun 2020. Jadi beberapa sektor usaha termasuk kepariwisataan sudah mulai dibuka, tetapi dengan (menerapkan) protokol kesehatan,” ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan di Keraton Kesepuhan Cirebon, Jawa Barat, Kamis (27/8/2020).

Menurut dia, seluruh sektor termasuk kepariwisataan sudah mulai dibuka, namun secara prosedural dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.”Baik di tempat wisata maupun hotel- hotel dan cafe,” kata dia.

Khusus di tempat wisata, ada panduan yang diberikan terkait penerapan protokol kesehatan diantaranya mencuci tangan, menjaga jarak dan wajib mengenakan masker.

“Ini juga kita terapkan kepada masyarakat ketika beraktifitas sehari- hari dengan 3 M yakni memakai masker, rajin mencuci tangan dan tetap menjaga jarak,” terang dia.

Ia menjelaskan, pihaknya terus memberikan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan ini. “Kita juga memverifikasi terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatanya, SOP-nya dan kegiatanya,” papar dia.

Setelah itu, pihaknya baru memberikan rekomendasi terkait kegiatan tersebut dan bisa dipertanggungjawabkan. “Kita juga berkordinasi dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri,” jelas dia.

Ia menyebut bahwa keraton masih menjadi desnitasi unggulan tempat wisata di Kota Cirebon diantaranya, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Kaprabonan.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengunjungi Goa Sunyaragi, Kawasan Trusmi yang terkenal akan deretan rumah perajin batik dan tempat destinasi wisata lainnya.

Share :
You might also like