Wisatawan Bisa Menikmati Nasi Bogana di Keraton Kacirebonan

Cirebon, airmagz.com– Kota Cirebon Jawa Barat mempunyai segudang kuliner khas mulai dari empal gentong, nasi lengko, dan nasi jamblang.

Selain itu, adapula satu kuliner yang mempunyai sejarah panjang dan terkait erat dengan tradisi leluhur orang Cirebon yaitu Nasi Bogana. Nasi Bogana merupakan peninggalan masa Sunan Gunung Jati sekitar 1490-an di Cirebon.

Tampilan Nasi Bogana berbentuk tumpeng. Bedanya, isian nasi bogana berupa lauk opor ayam, sambal, telur pindang, dendeng hingga oseng tempe.

Sultan Keraton Kacirebonan PR Abdul Gani Natadiningrat menyatakan bahwa Nasi Bogana merupakan nasi yang kuat dengan aroma rempah-rempah.

Untuk lebih mempromosikan Nasi Bogana, kata dia, rencananya akan dibuat Pawon Bogana di lingkungan Keraton Kacirebonan. Tujuannya agar para wisatawan yang berkunjung ke keraton bisa langsung menikmati Nasi Bogana.

“Keraton mencoba mengenalkan kepada masyarakat, yaitu dengan datang ke sini. Ini jadi tempat Pawon Bogana rencananya. Tapi untuk sementara vakum dulu masih mencari juru masaknya. Jadi kedepan di sini terbuka untuk umum yang ingin menikmati Nasi Bogana,” ujar Sultan Keraton Kacirebonan kepada wartawan yang tergabung dalam Forwaparekraf saat melakukan kegiatan ‘Press Tour & Seminar Series: Bandung, Kuningan dan Cirebon’ pada tanggal 27-30 Agustus 2020.

Menurut dia, Nasi Bogana biasanya dihidangkan pada saat acara syukuran. Dalam hal ini adalah memanjatkan doa kepada Allah SWT agar permohonan kita bisa terkabul.

Di kalangan masyarakat, keberadaan Nasi Bogana ini sempat redup dan mulai tergantikan dengan Nasi Kuning.

Untuk itu, ia pun berharap agar pemerintah kota Cirebon bisa terus mempromosikan kuliner peninggalan Sunan Gunung Jati ini.

“Nasi Bogana bisa dihidangkan di HUT Kota Cirebon sehingga nantinya akan membuat masyarakat Cirebon kembali menyukai memasak Nasi Bogana,” paparnya.

Share :
You might also like