Bukit Asam Kembangkan Tahap Dua Hotel Inna Ombilin Heritage Mulai Maret 2021

Sawahlunto,airmagz.com- Setelah merenovasi 17 kamar hotel yang menjadi aset milik PT Bukit Asam Tbk untuk tahap pertama, kemudian telah dioperasionalkan mulai Selasa (6/10/20) oleh operator pelat merah PT Hotel Indonesia Group (HIG),  Hotel Inna Ombilin Heritage Sawahlunto segera dikembangkan untuk tahap kedua dengan 74 kamar.

 

Statement itu disampaikan General Manager PT BA UPO Yulfaizon Dahlioes dalam percakapan khusus dengan airmagz.com disela acara lounching Inna Ombilin Heritage Hotel, Selasa kemarin. Yulfaizon, akrab disapa Pak Acong mengemukakan, renovasi bangunan hotel asset PT Bukit Asam Tbk  telah rampung dilakukan untuk 17 kamar, dan telah di operasionalkan secara bisnis oleh mitranya sebagai operator PT HIG untuk mengelola hotel yang kini bernama Inna Ombilin Heritage Sawahlunto tersebut.

 

Dikatakan Acong, pihak perusahaanya sebagai pemilik aset akan melakukan pekerjaan pengembangan tahap dua dengan membangun 74 kamar. aset bangunan yang akan dijadikan hotel itu terdiri dari tiga bangunan yang berada di belakang Inna Ombilin Heritage (IOH) sekarang, kemudian gedung pusat perkantoran UPO, dan eks garage kendaraan tambang milik UPO sebagai sarana pendukung yang akan dibangun swiming pool atau kolam renang berstandar HIG dan renovasi Gedung Pusat Kebudayaan sebagai ballaroom ruang acara

 

“Seluruh perencanaan dan dokumennya sudah rampung serta lengkap, Insya Allah, mulai Maret 2021 pekerjaan kontruksinya segera dikebut sebagai bukti PT Bukit Asam sangat serius  mendukung program Pemerintah Kota Sawahlunto dalam mengembangkan  kota ini menjadi nasi heritrage destination guna menyambut naiknya status Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai Warisan Dunia kelima di Indonesia oleh UNESCO.” tuturnya.

 

Diukatakan Acong, Dengan hadirnya Inna Ombilin Heriteage yang sekarang dan setelah  dikembangkan secara keseluruhan,  diprediksi akan berdampak positif bagi kemajuan industri pariwisata kedepan di Sumatera Barat. Selain itu, efek ekonominnya juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan pelaku bisnis UMKM yang kini juga mendapat perhatian korporasi Bukit Asam melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Pemko Dukung Segera

 

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi langkah PT Bukit Asam Tbk untuk menggenjot rencanannya terhadap pengembangan Inna Ombilin Heritage bertambah 74 kamar lagi setelah 17 kamar di lounching Selasa kemarin. Deri minta Bukit Asam tak perlu menunggu Maret tahun depan, jika sudah siap untuk tahun ini, sebaiknya dilakukan mulai sekarang.

 

Wako Deri memberikan alasan dipercepat, pada 2019 lalu Sawahlunto menggelar iven Sawahlunto Internasional Songket Silungkang  (SISCA)merupakan iven terbaik dan meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata. Tetapi efek apa yang didapat oleh Sawahlunto selain hanya transaksi  songket senilai Rp 0.5 miliar sementara tamu yang datang dan diundang dari Jakarta justru menginap di Batusangkar dan Sijunjung.

 

“Hal ini tentu kurang maksimal, untuk itulah kami mengapresiasi PT Bukit Asam yang bekerjasama dengan HIG untuk menghadirkan Inna Ombilin Heritage. Serta minta Bukit Asam sebagai pemilik aset mempercepat rencana pembangunan tersebut. Karena kedepannya, yang diharapkan adalah bagaimana Sawahlunto mampu memikat untuk mendatangkan tamunya lalu menginap di kota ini.” ungkap pria asal Talawi ini. Indra Yosef D.
Share :
You might also like