Webinar Nasional STFC, Satukan Kebersamaan Stakeholder Penerbangan Hadapi Pandemi

Jakarta, Airmagz.com – Kerja sama, saling berkoordinasi dan bergotong-royong, itulah hal penting yang menjadi salah satu kesepakatan bersama dari Web dan Seminar Online (Webinar) Nasional bertajuk “Adaptasi Kebiasaan Baru Penerbangan Indonesia, Relaksasi dan Optimalisasi Bisnis di Bandara”, yang digelar Rabu, 11 November 2020.

Acara yang digelar hasil kolaborasi Soekarno Hatta Trade Facilitation Committe (STFC), bersama dengan AMP Group, satu kelompok usaha yang membawahi aplikasi SUREWIN dan wifi.id, bersama media nasional Airmagz.com. Sukses menghadirkan sejumlah narasumber penting.

Foto: Dok. AMP Group

Narasumber itu adalah Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas, Kementerian Kooordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sahat Manaor Panggabean, yang mewakili Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Acara yang juga disponsori penuh oleh MSA Kargo dan FIN Logistics ini juga menghadirkan Kepala Sub Direktorat Standarisasi Keselamatan Bandar Udara, Dwi Afriyanto CH, sekaligus mewakili Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto.

Hadir pula Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I), Faik Fahmi, yang turut menjadi special supports acara ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Narasumber lainnya yakni Direktur Operasi dan Pelayanan Angkasa Pura II (AP II), Muhamad Wasid, Kepala Data dan Publikasi INACA, Galih Rudyto, serta Ketua Kompartemen Angkutan Udara DPP ALFI, Ardani Pratama Yahya.

Ketua STFC, Sahat Sianipar dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Jenderal STFC, Marco D Umbas, mengungkapkan STFC adalah sebuah organisasi/perkumpulan berbagai stakeholder yang melakukan kegiatan usaha di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Kami sangat fokus bagaimana turut mencari solusi bersama bukan hanya untuk anggota STFC, tapi juga seluruh pelaku usaha secara nasional yang ada di bandara atau penerbangan, atas dampak pandemi Covid-19 yang betul-betul memukul keras bisnis di bandara dan penerbangan,” ungkap Marco.

Untuk itu menurut Marco, Webinar Nasional ini sangat penting untuk menjadi media komunikasi juga bertukar pikiran bersama, antar pelaku usaha, stakeholder, regulator dan pemangku kepentingan lainnya. Sehingga dapat meminimalisir dampak pandemi, serta turut andil dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kita tahu pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama hampir sembilan bulan, mengakibatkan  krisis dunia usaha melanda ke seluruh sendi-sendi kegiatan ekonomi tanpa kecuali termasuk kegiatan usaha transportasi melalui udara, laut dan darat,” ujarnya.

Untuk itu, Marco menuturkan perlu dilakukan upaya bersama dari para pemangku kepentingan  bagaimana  mengatasi resesi ini sesuai anjuran yang digariskan pemerintah agar bisa beradaptasi, melakukan efisiensi, tetap sehat aman dari bahaya Covid-19, dan tetap produktif sehingga dunia usaha serta perekonomian bisa bangkit kembali.

“Melalui Webinar ini sesuai peran dan misinya STFC sebagai fasilitator untuk menjembatani berbagai kepentingan para  stakeholder di Bandara, agar bisa memanfaatkan kebijakan relaksasi pemerintah dan mampu mengoptimalkan bisnis di bandara, ini sangat penting untuk bisa tetap bertahan dalam situasi sulit karena pandemi,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Marco D Umbas mengucapkan banyak terima kasih kepada sponsor acara ini yakni MSA Kargo, FIN Logistics serta AP I yang menjadi special supports. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh narsumber dan pendukung lainnya yakni Kemenko Marves, Kemenhub, Kementerian BUMN, AP II, INACA, ALFI, Asperindo, IAMSA hingga HIPMI.

Acara Webinar Nasional yang dipandu langsung oleh wartawan senior dan praktisi independen penerbangan, Gatot Rahardjo, ini sukses dilaksanakan Rabu (11/11/2020) mulai pukul 13.00-16.45 WIB, dengan jumlah peserta kurang lebih 120 partisipan termasuk narasumber.

Share :
You might also like