PPJI Gelar Rakernas 2020 Secara Virtual

Jakarta, airmagz.com – Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional secara virtual, Rabu 18 November 2020.

Rakernas yang dihadiri anggota dari 18 Dewan Pimpinan Daerah (DPD PPJI) dari 22 DPD PPJI se-Indonesia serta para tamu undangan ini merupakan acara yang istimewa, karena pertama kalinya secara virtual.

Menurut Astrid Enricka, Ketua Panitia Rakernas PPJI 2020, hal ini dilakukan demi saling menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, untuk menghindari penularan bahaya Covid-19.

“Dengan tema Bangkit dan Bergerak Bersama PPJI untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, kita sudah waktunya bersinergi dan berkolaborasi untuk bangsa Indonesia di saat kondisi seperti ini. Hanya dengan bergandengan tangan bersama kita dapat mempercepat pemulihan ekononi Nasional dari Bidang Jasaboga,” kata Astrid.

Perjalanan menuju Rakernas hari ini, menurut Astrid, dimulai dari Munassus pada tanggal 12 November 2020. Usai Rakernas tanggal 18 November ini, masih ada rangkaian acara lainnya. PPJI  bekerja sama dengan Food Hotel Tourism Bali 2020 Virtual mengadakan Indonesian Food Virtual Cooking Competition. Kategori yang dilombakan yaitu menu utama, snack, dan minuman.

Proses seleksi dilakukan oleh tim juri terdiri dari Chef Norman Ismail, Chef Muto, dan Chef Noldy. Selain itu, dalam proses seleksi ini diselenggarakan pula Demo Masak oleh Chef Norman Ismail dan Chef Muto, yang dapat disaksikan pada platform Digital FHTB 2020 Virtual, Salad Plate Official.

Acara lainnya diselenggarakan Webinar dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (19/11) serta pengumuman lomba pemenang Cooking Competition dan pemberian penghargaan untuk 3 DPD PPJI berprestasi (20/11).

Dalam sambutan pembukaan Rakernas, Ketua Umum PPJI, Iden Gobel menekankan pentingnya untuk bangkit dari keterpurukan di tengah kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian ekonomi ini.

“Kondisi ini mendorong kita untuk bergerak bersama, melakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, menyatukan tujuan dan bersama menggerakkan sektor ekonomi untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan Rakernas ini Iden Gobel menginformasikan pula kehadiran anggota baru DPD PPJI Bangka Belitung dengan Ketua, Letty. Selain itu, PPJI akan bekerja sama dengan Halal Institut dan asosiasi halal lainnya membuat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk menghasilkan penyelia halal yang akan disertifikasi sebanyak 26 juta penyelia di seluruh Indonesia.

Rencana ke depan lainnya yang dikemukakan Iden Gobel mengenai penyelenggaraan pameran secara virtual, kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, kementerian Koperasi dan UKM, serta instansi lainnya.

“Banyak pekerjaan rumah yang perlu PPJI lakukan dan untuk itu perlu dukungan dari semua anggota PPJI dan stakeholder lainnya. Meski acara ini di tengah keterbatasan, diharapkan Rakernas ini bisa menghasilkan solusi-solusi yang bermanfaat bagi anggota PPJI dan masyarakat luas,” ungkap Iden.

Sementara itu, Pengurus DPD PPJI DKI Jakarta mengikuti Rakernas secara bersama dari kantor Nendia Primaras Catering, juga melangsungkan pengukuhan pengurus baru di tahun ini. Satu diantaranya ialah pengukuhan Heru Pujihartono, pemilik Nendia Primarasa yang diangkat menjadi wakil ketua bidang organisasi.

(Ki-Ka); Heru Pujihartono (Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pembinaan Daerah DPD PPJI DKI Jakarta), Siti Djumiadini (Ketua DPD PPJI DKI Jakarta), Reza Ferdiansyah (Ketua Bidang Organisasi dan Pembinaan Daerah DPD PPJI DKI Jakarta), dan Ika Tri Wahyuni (Bendahara DPD PPJI DKI Jakarta).
Share :
You might also like