Anugerah Bangga Buatan Indonesia, Ajang Inovasi UMKM saat Pandemi

Jakarta, Airmagz.com – Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 diharapkan dapat menjadi ajang kreatifitas dan inovasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kala menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu, dalam Jumpa Pers dan Peluncuran Pemilihan Karya Terbaik Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020, di Jakarta, Jumat (20/11/2020) mengatakan ajang ini juga menjadi bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh pelaku UMKM.

Foto: Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu/Dok. Kemenparekraf

“Justru pada masa pandemi inilah saatnya kita berinovasi. Pemerintah telah menunjukkan kemampuan untuk berinovasi dengan meluncurkan BBI. Inovasi ini lahir atas kerja sama berbagai pihak yang terlibat, mulai dari start-up, perbankan, dan juga e-commerce,” katanya.

Ia menyatakan kemampuan berinovasi tersebut adalah salah satu sumber kekuatan bangsa. Untuk itu, semua pihak agar mampu bekerja sama, bersatu, serta saling bersinergi dalam berinovasi.

“Inilah yang akan membuat Indonesia semakin maju untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara terbesar ke-4 di dunia dari segi ekonomi pada tahun 2045,” ujar Deputi Odo.

Sementara itu Menparekraf, Wishnutama Kusubandio dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, bahwa acara Anugerah BBI 2020 ini mengacu pada GBBI yang lahir sesuai dengan arahan Presiden untuk melaksanakan program padat karya dalam upaya mitigasi dampak Covid-19 di sektor ekonomi dan UMKM.

Gerakan BBI merupakan sinergi aktif dari 14 Kementerian/Lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Menurut Wishnutama, Anugerah BBI 2020 diselenggarakan dengan tema “Penguatan Ekosistem Digital dan Produk Kebanggaan Indonesia yang Menginspirasi”. Dalam acara Anugerah BBI 2020 ini para pelaku usaha akan diberikan penghargaan dalam 11 kategori, yaitu fesyen, kriya, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, game, manufaktur, kecantikan dan kebugaran, serta event.

Malam Puncak Bangga Buatan Indonesia Award pertama ini akan digelar pada 6 Desember 2020 mendatang.

Hal senada disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Menurutnya ajang ini juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran komunal sebagai konsumen yang bangga akan buatan Indonesia.

Dengan begitu maka diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian dalam negeri akibat terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sejak awal 2020 lalu.

“Sebagai program kolaborasi lintas kementerian dan lembaga, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) meningkatkan kesadaran komunal kita sebagai konsumen Indonesia yang seharusnya bangga dalam memanfatkan dan menggunakan  hasil produksi dalam negeri,” ujarnya.

Share :
You might also like