Kota Sawahlunto Tuan Rumah Mubes Perdana Perhimpunan Homestay Sumatera Barat

Sawahlunto,airmagz.com,- Meski diselimuti penularan pandemi COVID-19, semangat menggapai pertumbuhan ekonomi disektor jasa penginapan terus menggebu-gebu dilakukan Asosiasi Homestay Sawahlunto yang menginspirasi lahirnya Perhimpunan Homestay Sumatera Barat (PHSB), yang menurut rencana akan melakukan musyawarah besar (Mubes)  Pembentukan Kepengurusan pada Rabu, 3 Maret 2021 nanti.

“Insya Allah musyawarah pembentukan kepengurusan Perhimpunan Homestay Sumatera Barat ini akan kami selenggarakan dalam waktu dekat, rencananya 3 Maret 2021 ini.” Ungkap Hj.Kamsri Benti melalui komunikasi daring kepada airmagz.com petang tadi.

Kamsri Benti, biasa dipanggil Niben mengutarakan, agenda yang sudah dirancang ini jadi momen penting karena mubes yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini merupakan pertemuan perdana pembentukan Perhimpunan Homestay Sumatera Barat  ditengah tantangan pandemi COVID-19.

Hal ini menjadi wujud impian dari pelaku ekonomi kreatif yang di inisiasi Asosiasi Homestay Sawahlunto dan dukungan banyak pihak di Sumatera Barat, bahkan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif turuntangan memberikan apresiasi  bidang usaha jasa penginapan bukan hotel tapi tempat tinggal dengan konsep pelayanan bagaikan dirumah sendiri yang aman, nyaman, bersih, bagai sekelas hotel.

Dikemukakan perempuan inspiratif ini, Mubes yang akan berlangsung nanti akan mengikuti protokol kesehatan yang cukup ketat. Semua perencanaan dan persiapan terselenggaranya mubes PHSB tersebut mulai digerakkan dengan melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, baik di internal asosiasi sendiri maupun pihak eksternal lainnya seperti Dinas Pariwisata Sumbar dan Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto.

Sebagai antisipasi kegiatan, pihak penggagas telah melakukan audiensi progresif dan penunjukan stering comite (SC) ada tanggal 9 dan 10 Februari 2021 lalu dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Hasil rumusan dari pertemuan itu menyatakan, Mubes perdana PHSB akan diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 2-3 Maret.

Informasi yang diperoleh, SC terpilih telah merancang dan melakukan berbagai persiapan teknis tentang pelaksanan mubes seperti draf ad art, siapa perwakilan yang akan diundang dan lainnya. Disebabkan saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19 maka peserta akan  diwakili 5 orang per kabupaten dan kota. Saat ini Peserta yang sudah terdaftar sementara baru 16 kabupaten/kota dengan jumlah total personil sebanyak 207 orang.

Untuk mendukung SC dalam pembentukan kepengurusan, Asosiasi Homestay Sawahlunto ikut membentuk kepanitiaan lokal bekerjasama dengan Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat. Direncanakan Mubes nanti akan dibuka Gubernur Sumatera Barat dan turut dihadiri Wako Sawahlunto, Kadispar se-Sumbar, beberapa Kepala Daerah, berbagai komunitas dan lembaga penggerak  kepariwisataanlainnya, Gipi, PHRI dan lainnya.

“Dihari pertama 2 Maret akan dibuka  stand promosi UKM Kabupaten dan kota se- Sumbar, dimalam harinya akan diadakan jamuan makan malam dikediaman dinas Wako Deris Asta,  dan keesokan harinya baru pelaksanaan mubes yang dilanjutkan dengan city tour.” Ungkap Kamsri Benti mengakhiri. Indra Yosef

Share :
You might also like