Aman Bleisure saat Pandemi, Ikuti Tips Ini

Jakarta, Airmagz.com – Tak bisa dimungkiri kondisi pandemi COVID-19 seakan memaksa siapa saja untuk terus bertahan dengan cara apa pun. Termasuk para pelaku di sektor pariwisata se-Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Untuk itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengingatkan perlu ada adaptasi, inovasi, dan kolaborasi serta pentingnya menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Hal ini untuk memulihkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Foto: Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mempraktekkan Protokol CHSE/Dok. Kemenparekraf/Istimewa

“Kunci dari pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah penanggulangan angka penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, mari kita terapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno, pertengahan Maret 2021.

Lewat aksi #InDOnesiaCARE para pelaku dan wisatawan diharapkan bisa tetap beraktivitas dengan aman di fase adaptasi kebiasaan baru. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam fase adaptasi kebiasaan baru adalah bleisure atau melakukan perjalanan untuk keperluan bisnis tetapi sembari berlibur.

Supaya kerja rasa wisata di destinasi pilihan tetap nyaman selama bleisure, berikut hal yang sebaiknya dilakukan:

Patuhi protokol kesehatan

Di mana saja kita berada, tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, jika hendak ke toilet jangan lupa bawa disinfektan atau tisu basah yang mengandung alkohol agar tetap bersih dan higienis.

Hindari tempat ramai

Jika tiba di sebuah tempat dan ternyata cukup ramai, sebaiknya tunggu sejenak hingga situasi agak kondusif. Namun ada baiknya jika cari tempat lain yang lebih sepi dan tenang. Selain lebih aman, tempat yang tenang bikin tubuh dan pikiran lebih rileks.

Jaga kondisi tubuh

Sebelum bleisure, pastikan kondisi tubuh fit dan sehat. Tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan meminum vitamin bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Selain itu, jangan lupa rutin berolahraga dan berjemur di pagi hari, agar imun tubuh tetap kuat.

Berwisata di tengah pandemi sama sekali tidak menakutkan, asalkan kita selalu patuh dan disiplin pada protokol kesehatan dengan menerapkan 3M di mana pun. Ingat, kesehatan kita adalah nomor satu.

Share :
You might also like