Menparekraf: Pentingnya Akselerasi Transformasi Digital Pemulihan Parekraf

Jakarta, Airmagz.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, menyatakan dampak pandemi COVID-19 harus dilihat dari sisi positif, salah satunya diperlukan percepatan akselerasi dari transformasi digital secara masif dan terencana di semua lini, sehingga pemulihan ekonomi nasional termasuk sektor pariwisata bisa tercapai maksimal.

Hal ini disampaikan Menparekraf saat menjadi salah satu keynote speech atau pembicara utama dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 Masyarakat Telematikan Indonesia (Mastel) Tahun 2021, dengan mengangkat tema “Percepatan Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”, yang dilakukan daring di Jakarta, Kamis (8/4/2021) seperti dikutip dari infopublik.id.

“Kita telah memasuki era digital yang begitu masif, maka momen Musyawarah Nasional ke-10 ini sebaiknya makin memantapkan kita untuk menciptakan sistem ekonomi digital dan digitalisasi, yang bertujuan menjadikan Indonesia terdepan di dunia,” kata Sandiaga Uno.

Ia mengungkapkan, seperti yang sering disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, bahwa Indonesia saat ini termasuk negara konsumtif digital terbesar di dunia, karena itu digitalisasi harus mensejahterakan dengan cara memanfaatkan potensi ini dengan baik.

“Untuk itu sinergi antar stakeholder adalah salah satu jalan mempercepat digitaliasi ini, maka sudah sepatutnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang sedang terpuruk ini juga memperoleh perhatian semua pihak, mengingat sedikitnya 34 jura rakyat Indonesia menggantungkan ekonominya di Parekraf,” ungkap Sandiaga.

Menparekraf berharap kolaborasi antar berbagai stakeholder salah satunya dengan Mastel ini menjadi jembatan komunikasi yang baik sebagai unsur pentahelix yakni pemerintah, pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media, sehingga tujuan pemulihan ekonomi nasional atas dampak pandemic COVID-19 bisa tercapai.

“Saya berharap kolaborasi makin erat, saya optimis dan yakin bisa karena Mastel sebagai organisasi masyarakat yang memiliki anggota dari asosiasi perusahaan, organisasi nirlaba, para profesional yang sudah sangat terkenal karena dari tahun ke tahun terus mendorong pengembangan ekosistem digital dan pemanfaatan teknologi, sebagai salah satu infrastruktur penting pembangunan nasional,” harap Menparekraf.

Selain Menparekraf dua pembicara kunci juga hadir dalam Munas ke-10 Mastel yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menkominfo, Johnny G Plate.

(Foto: Untung Sutomo/Tangkapan layar Youtube Mastel TV)

 

Share :
You might also like