Maskapai Scoot Raih Diamond Audit Kesehatan dan Keamanan APEX

Jakarta, Airmagz.com – Maskapai Scoot meraih status Diamond dalam audit maskapai global Airline Passenger Experience Association (APEX) Health Safety yang didukung oleh SimpliFlying. Hal ini menjadikan Scoot maskapai penerbangan bertarif rendah atau low-cost carrier (LCC) pertama di dunia yang mencapai standar tertinggi ini.

Dalam keterangan resmi yang diterima Airmagz.com, Kamis (7/4/2021), audit tersebut dilakukan bersama oleh APEX, salah satu asosiasi maskapai internasional terbesar di dunia, dan firma strategi aviasi SimpliFlying.

Audit tersebut menilai langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang dilakukan oleh Scoot untuk merespon pandemi Covid-19 terhadap 58 poin di sepuluh tahap perjalanan penumpang, penilaian tersebut mencakup check-in dan proses pra-penerbangan lainnya, dalam penerbangan, serta pasca-penerbangan.

Hanya maskapai yang memiliki standar kesehatan dan keamanan sekelas rumah sakit, dengan skor sedikitnya 200 poin di atas standar Gold, yang bisa meraih status Diamond. Standar tersebut didasarkan pada langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang telah diverifikasi, divalidasi, dan disertifikasi secara independen.

“Scoot berkomitmen untuk memberikan tingkat kepercayaan tertinggi kepada penumpang saat mereka terbang. Sejak awal pandemi Covid-19, kami telah meningkatkan prosedur dan menerapkan langkah-langkah selama perjalanan penumpang, mulai dari meningkatkan kebersihan dan menjaga jarak, menerapkan check-in dan pemesanan dalam penerbangan tanpa kontak, dan uji coba verifikasi digital tes Covid-19 sebelum keberangkatan, selain inisiatif-inisiatif lainnya. Scoot bangga menjadi LCC pertama di dunia yang menerima status tertinggi Diamond, dan kami senang upaya kami untuk menjaga kesehatan dan keamanan penumpang dan staf mendapat pengakuan,” ujar CEO Scoot, Campbell Wilson.

Sementara itu CEO APEX, Dr. Joe Leader, mengatakan langkah terdepan Scoot untuk kesehatan dan keamanan termasuk menjaga jarak aman selama perjalanan penumpang dan menyediakan perlengkapan kebersihan menunjukkan kepedulian yang tinggi kepada penumpang.

“Untuk langkah-langkah konsumen-sentris dalam menjaga kesehatan dan keamanan penumpang, kami merasa terhormat memberi Scoot status Diamond dalam APEX Health Safety yang didukung oleh SimpliFlying,” katanya.

Hal senada disampaikan CEO SimpliFlying, Shashank Nigam, Scoot telah menetapkan standar yang tinggi untuk kesehatan dan keamanan di antara LCC dengan menjadi LCC pertama di dunia yang meraih sertifikasi standar Diamond.

Langkah-langkah seperti memvaksin semua staf di garda depan, menyesuaikan layanan dalam penerbangan menjadi tanpa kontak yang dapat diakses melalui perangkat pribadi penumpang, dan kerangka penilaian risiko Covid-19 yang beroperasi 24 jam sehari 7 hari seminggu membuat maskapai ini menonjol di antara yang lain.

“Mengambil langkah-langkah lebih dari yang diharuskan dalam memastikan kesehatan dan keamanan akan membantu Scoot mendapat kepercayaan dari penumpang,” ujarnya.

Skor Tertinggi Tujuh Bintang

Dalam peringkat keselamatan maskapai versi Airline Ratings, situs internasional yang mengulas keamanan maskapai dan peringkat produk, Scoot juga meraih skor tertinggi tujuh bintang, baik untuk keselamatan maupun kepatuhan Covid-19.

Sistem peringkat keamanan tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti catatan insiden maskapai, audit dari badan regulasi aviasi dan asosiasi, serta kepatuhan maskapai terhadap standar internasional Covid-19.

Di Indonesia, Scoot saat ini mengoperasikan penerbangan setiap hari antara Singapura dan Surabaya.

Mulai Maret 2021, Scoot menguji coba portal online gratis yang memungkinkan penumpang yang terbang dari Singapura, Indonesia, dan Hong Kong SAR, Tiongkok untuk membuat janji tes Covid-19 pra-keberangkatan dengan klinik mitra yang diakui dan terakreditasi, melakukan pembayaran tes, dan menerima hasil tes dalam bentuk digital dalam 36 jam.

Scoot saat ini melakukan uji coba solusi verifikasi digital untuk tes Covid-19 pada saat check-in untuk penerbangan tertentu dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi yang aman, petugas check-in dapat dengan cepat dan tepat menentukan keaslian hasil tes Covid-19 digital atau cetak dengan kode QR yang dapat diverifikasi, yang dikeluarkan oleh klinik tertentu.

Hal ini akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan pemumpang untuk menyelesaikan proses check-in, oleh karena itu akan meningkatkan pengalaman perjalanan mereka. (Foto: Istimewa/Dok. Scoot)

Share :
You might also like