AS Catat Lonjakan 2,03 Juta Penumpang Pesawat Melewati Pos TSA

Jakarta, Airmagz.com – Vaksinasi COVID-19 yang masif di Amerika Serikat (AS) sepertinya cukup memberikan efek pemulihan industri penerbangan yang signifikan, di mana pada Jumat (11/6/2021) tercatat ada 2,03 juta penumpang pesawat melewati pos pemeriksaan keamanan bandara di AS.

Seperti dilansir www.foxbusiness.com Minggu (13/6/2021) jumlah ini naik signifikan sebanyak 1,5 juta orang dibandingkan periode yang sama pada awal Maret 2020 lalu saat tahun awal pandemi COVID-19 melanda dunia termasuk AS.

Transportation Security Administration (TSA) atau kantor administrasi keamanan transportasi AS merilis data ini pada Sabtu (12/6/2021 dengan mengkonfirmasi bahwa jumlah ini juga merupakan yang pertama kalinya dalam 15 bulan pemeriksaan keamanan jumlahnya melebihi angka 2 juta orang.

Laporan tersebut juga menyebutkan pemesanan tiket maskapai penerbangan telah meningkat sejak sekitar Februari 2021, karena semakin banyak orang AS yang divaksinasi COVID-19 dan mulai dilonggarkannya pembatasan perjalanan seperti karantina wajib.

“Meski angka tersebut baru mencapai 74 persen dari volume yang ada pada 2019 lalu, tapi angka kenaikan ini tentu mewakili perubahan haluan cukup besar bagi industri perjalanan di AS,” demikian bunyi laporan TSA tersebut.

Maskapai Masih Rugi

Meski terjadi kenaikan pengguna transportasi udara cukup signifikan, namun pandemi telah cukup telak menghantam bisnis penerbangan hingga ke titik nadir.

CEO Boeing, David Calhoun, sebelumnya pernah mengatakan saat April 2020 lalu ketika kurang dari 100.000 orang naik pesawat di AS, dirinya memperkirakan bahwa setidaknya satu maskapai besar AS akan bangkrut.

Hingga kini pun sebagian besar maskapai masih merugi. Southwest memperoleh sedikit laba di kuartal pertama 2021, namun sebagian sebesar berkat bantuan pandemi oleh pemerintah federal (pemerintah pusat) untuk industri ini senilai $64 Milliar, dan airlines yang lainnya diperkirakan akan mengikutinya di akhir tahun ini.

United Airlines, yang kehilangan $7 miliar, mengancam akan merumahkan 13.000 pekerja pada musim gugur lalu, namun belakangan kepada karyawan minggu ini mereka mengatakan bahwa pekerjaan mereka aman bahkan ketika uang bantuan pemerintah pusat habis pada Oktober 2021 mendatang.

Itu karena maskapai seperti United optimis akan memperoleh pendapatan pada puncak liburan musim panas tahun ini.

Meski perjalanan internasional dan perjalanan bisnis masih sangat tertekan, tetapi perjalanan liburan domestik kurang lebih telah kembali ke tingkat pra-pandemi, kata pejabat maskapai tersebut.

Untuk itu maskapai berencana menarik karyawan dari cuti sukarela dan berencana untuk mempekerjakan sejumlah kecil pilot dan pekerja lain di akhir tahun ini.

Hunian Hotel Meningkat

Berita optimis juga datang dari operator hotel yang mengatakan bahwa mereka juga telah melihat peningkatan pemesanan karena tingkat vaksinasi meningkat.

Mike Gathright, Wakil Presiden Senior di Hilton, mengatakan kapasitas hotel-hotel perusahaannya meningkat menjadi 93 persen selama akhir pekan Memorial Day (31 Mei 2021) lalu.

Dia mengaku perusahaan sangat optimis perjalanan liburan selama musim panas dan perjalanan bisnis pada musim gugur tahun ini bisa meningkat signifikan.

“Distribusi vaksin, pembatasan perjalanan yang dilonggarkan, kepercayaan konsumen – semua itu mendorong tingkat hunian dan peningkatan bisnis kami,” kata Gathright.

Sebelum pandemi, TSA memeriksa rata-rata 2 juta hingga 2,5 juta wisatawan per hari. Volume pemeriksaan terendah selama pandemi adalah pada 13 April 2020, ketika hanya 87.534 orang yang diperiksa di pos pemeriksaan keamanan bandara.

Pada pertengahan Mei 2021 lalu, rata-rata volume harian TSA untuk pemutaran film adalah sekitar 65 persen dari tingkat pra-pandemi.

Saat musim perjalanan musim panas mendekat, TSA menyarankan penumpang untuk tiba di bandara dengan waktu yang cukup untuk mengakomodasi peningkatan waktu pemeriksaan karena volume wisatawan diperkirakan akan mendekati dan dalam beberapa kasus melebihi tingkat pra-pandemi di bandara tertentu.

(Sumber: https://www.foxbusiness.com/lifestyle/travel-rebound-2-million-people-go-through-us-airports)

Share :
You might also like