Cari Informasi dengan Mesin Pencarian Bukan Medsos, Ini Alasannya

Cimahi, airmagz.com – Untuk mencari tahu sebuah informasi sebelum kehadiran internet, yang dapat kita lakukan ialah dengan bertanya langsung, diskusi dengan banyak pihak hingga melakukan investigasi sendiri. Melakukan survei atau pengamatan dengan melihat sekitar dan melalui pustaka.

Ketika internet datang, semua itu dapat langsung dilalui hanya dengan mencari tahu melalui internet. Internet ialah hutan informasi begitu banyak, untuk mencari pohon yang tepat di antara jutaan pohon di hutan tersebut dibutuhkan keahlian. Gede Sastrawangsa, Dosen Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali mengatakan hal tersebut dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Cimahi, Jawa Barat, Senin (21/6/2021).

“Informasi yang ingin kita dapatkan harus dengan benar kita cari agar mendapatkan apa yang diinginkan dan tentunya tidak mendapatkan informasi yang menyesatkan,” jelasnya.

Dia menambahkan, informasi yang berkualitas tinggi zaman sekarang seperti sebuah harta karun informasi berkualitas itu yakni memiliki sumber yang terpercaya, up to date, relevan, lengkap, akurat dan dapat dipahami. Menurut data Hootsuit, website di Indonesia yang paling sering dikunjungi ialah mesin pencarian Google dan situs portal berita online dalam urutan lima di atas. Hal tersebut menunjukan Warganet indonesia senang mencari berupa berita.

Sastra menegaskan, dalam melakukan pencarian informasi di internet sebaiknya menggunakan mesin pencarian bukan di media sosial. Sebab jika di mesin pencarian kita dapat melihat sumber identifikasi, tanggal informasi hal-hal yang harus dilakukan saat mencari informasi.

“Ketika sudah dapat di mesin pencarian, jangan lupa membandingkan. Bandingkan dengan website atau mesin pencarian yang lain, bisa juga dengan membandingkan dengan kata kunci lain,” jelas Dewan Penasehat Relawan TIK Bali ini.

Sastra memberikan tips bagaimana mencari sebuah informasi di internet yang perlu diperhatikan ialah kata kunci atau frasa kunci yang tepat. Menggunakan lebih dari satu kata kunci sekaligus juga lebih baik. Jadi semakin banyak kata kunci makin akurat namun tingkat perolehannya semakin kecil.

Pertimbangan untuk menggunakan operator yakni penggunaan kata AND dan OR. Ketik AND hasilnya akan memiliki kedua kata kunci. Ketik OR nanti hasilnya adalah memiliki salah satu kata kunci dan jika mengetik NOT nanti hasilnya tidak memiliki kata kunci. Misalnya kereta not tiket, artinya kita hanya mau mencari kereta saja bukan tiket yang biasanya muncul di awal pencarian. Sastra mengingatkan, apapun dapat dicari kemudian ditemukan namun jangan langsung percaya dengan apa yang didapat.

Internet untuk validasi terhadap informasi menjadi bagian penting dari literasi media. Menyadari masyarakat digital untuk tidak asal dalam mencari informasi. Kemampuan digital ini menjadi salah satu pilar yang menjadi fokus Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

Share :
You might also like