Konten Positif Tentukan Algoritma di Medsos

Indramayu, airmagz.com – Konten adalah informasi yang tersedia melalui media digital atau produk elektronik. Ketika konten sudah diunggah ke media sosial maka akan seperti bola liar, siapapun bisa menangkapnya dengan segala persepsi masing-masing.

Seperti yang diungkapkan AmyKarmila, CEO @heysobofficial Creative dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021). Konten mewakili pemiliknya. Setiap apapun yang diunggah merupakan tanggung jawab dari pemilik konten.

“Lalu kita ingin dikenal sebagai apa? Merasa ah kan cuma ketikan jari, kan akunnya private, dan segala alasan. Tapi, kita tidak pernah tahu sampai mana konten kita berlayar,” jelas Amy.

Begitu juga saat kita membuat konten yang negatif maka akan menjadi tanggung jawab kita. Karenanya seperti yang diimbau Presiden Joko Widodo dalam pidato pembukaan webinar yang sama, agar membanjiri ruang digital dengan konten yang positif.

Dengan banyaknya konten positif maka algoritma media sosial kita menjadi bagus juga. Harga diri sendiri dengan konten-konten yang pantas diunggah, tidak menyalahi segala jenis norma yang berlaku juga kesopanan.

“Yang perlu diperhatikan juga, hati-hati ketika komen. Kita nggak pernah tahu gimana kondisi orang saat membaca tulisanmu. Tulisan yang tidak tepat dalam emosi tidak tepat dapat menimbulkan kecemasan bahkan bunuh diri,” jelasnya.

Menjadi keren dan viral di media sosial bukan patokan seseorang dianggap berhasil di ruang digital. Justru ini saatnya membentuk citra yang baik agar dampaknya bisa dituai di dunia nyata.

“Contoh seperti aku nih mau dipinang jadi MC. Sekarang itu yang pertama diliat pasti Instagramnya. Benar nggak dia MC, tercermin nggak di kontennya, lalu kalau ada video cocok nggak dengan acara yang dimaksud. Habis itu pasti cek juga oh dia pribadinya kayak apa. Media sosial jadi profile dan CV kita,” kisah Indi Arista, Presenter, MC dan Podcaster yang juga menjadi Key Opinion Leader dalam webinar yang sama.

Share :
You might also like