Mau Buat Konten Menarik? Perhatikan Hal Ini

Bekasi, airmagz.com – Seorang content creator harus memiliki kreativitas, digital skills, dan marketing yang baik serta menarik agar mendapat perhatian dari audiens. Tentunya dengan perubahan interaksi sosial yang kini memungkinkan orang memproduksi konten dan menjadikannya sebuah profesi baru.

“Dari perubahan memunculkan profesi baru dan objek peningatan baru. Siap atau tidak siap ini yang sedang terjadi dan akan datang,” kata Oleg Sanchabahtiar, Creative Concept and Director Expert Planet Design Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (24/6/2021).

Profesi content creator ini begitu digitalisasi dan sosial media ramai menjadi sebuah kesempatan baru. Nah, untuk para milenial yang ingin belajar menjadi content creator, Oleg memberikan beberapa tips. Pertama tentunya seorang content creator harus bisa menciptakan content menarik.

Konten menarik bisa dilihat dari beberapa kategori misalnya hiburan berup kegiatan traveling atau jalan-jalan, video viral, video tutorial, yang berhubungan dengan motivasi dan memberi inspirasi, hingga yang berisi kisah menyentuh. Nah, menurut Oleg saat ini yang disukai khalayak masih berupa hiburan.

“Apalagi di pandemi ini bagaimana membuat konten hiburan, traveling saat pandemi misalnya itu yang disukai dan dibutuhkan orang. Ada pula bentuk konten dalam video viral, misalnya kisah kepedulian kepada pahlawan kita aransemen ulang video kapal selam angkatan laut,” kata Oleg.

Di antara semua jenis konten yang ada saat ini bentuknya pun bermacam-macam. Namun bila dilihat dari platform media sosial yang paling banyak ditonton saat ini adalah YouTube, sementara TikTok terus meningkat jumlah penggunany apalagi bagi mereka yang menyukai video-video singkat.

“Kesimpulannya dari semua jenis konten dan platform media, sebuah konten harus berkualitas isinya. Kmasannya pun harus sesuai market, mudah dibaca, mudah dibagikan, dan mudah ditemukan,” tuturnya lagi.

Dari semua itu Oleg menambahkan, saat membuat konten peran serta milenial mendukung literasi digital sangat besar apalagi generasi ini sedang dalam rentang usia produktif. Ditambah dengan adanya pengetahuan mengenai literasi juga akan memaksimalkan kemampuan orang dalam berbahasa, berbicara, dan berkomunikasi. Peran milenials dalam membuat konten positif dan menginspirasi akan membuat ekosistem internet menjadi positif untuk lingkungan.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Rachel Octavia CEO The F People, Dila Karinta The Enterprise Consultant at Digital Evonomy Coorporation, serta Sari Monik Agustin seorang Dosen di Universitas Multimedia Nusantara. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Share :
You might also like