Inilah.com Reborn dengan Konsep Jurnalisme Solusi

Jakarta, airmagz.com – Berdiri sejak Februari 2008, Inilah.com sudah menemani pembacanya selama 13 tahun. Sempat menjadi salah satu portal berita online teratas di Indonesia pada awal tahun 2010-an, Inilah.com menyadari perlu melakukan inovasi untuk kembali menjadi salah satu media terbesar di Indonesia. Kurang lebih itulah yang melatarbelakangi ‘reborn’-nya Inilah.com pada 17 Agustus 2021 ini. Inilah.com tampil dengan website dan konsep baru, jurnalisme solusi.

Jurnalisme solusi mengedepankan konsep reportasi yang mendalam, melibatkan pembaca, dan menggerakkan aksi nyata untuk menyelesaikan persoalan yang diangkat. Hal ini sesuai dengan tagline baru Inilah.com, “Titik Tengah. Titik Cerah”. Inilah.com hadir bukan sekadar memberitakan, tetapi mencari jalan keluar, memoderasi, memberdayakan, dan menginspirasi.

Bukan hanya hadir dengan konsep dan tampilan website yang baru, Inilah.com juga memperkenalkan jajaran direksi dan pengurus baru. Didominasi anak-anak muda, kapal Inilah.com kini dinahkodai Fahd Pahdepie sebagai Chief Executive Officer (CEO). Sebelumnya Fahd dikenal sebagai penulis, pengusaha, dan aktivis.

Di bawah kepemimpinan anak muda seperti Fahd, Inilah.com diharapkan bisa lebih relevan dan menyesuaikan diri dengan pembaca baru serta perkembangan dunia digital yang ada.

“Ada banyak persoalan yang sebenarnya membutuhkan kehadiran media untuk ikut memberi solusi. Tetapi yang ada saat ini justru media memperkeruh persoalan atau memanaskan perdebatan publik. Kita butuh inovasi di dunia media, mudah-mudahan Inilah.com bisa mengisi peran itu,” ujar Fahd dalam presentasinya saat soft launching Inilah.com Reborn, selasa (17/08/2021).

Turut hadir dalam acara launching virtual itu Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi yang mengatakan Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus dengan cara meningkatkan pendapatan per kapita menjadi USD12.500 atau tiga kali lipat dari posisi saat ini. Karena jika tidak bisa memanfaatkan penambahan penduduk muda usia produktif atau kerja di Indonesia yang akan habis pada 2038 mendatang, maka Indonesia akan terjebak dalam jebakan kelas menengah.

“Ketika bonus demografi tersebut habis dan Indonesia tidak bisa mengembangkannya, maka Indonesia akan terperangkap dalam jebakan kelas menengah atau middle income trap,” ujarnya.

Ia memberikan apresiasi yang tinggi atas inovasi yang dilakukan oleh Inilah.com ini. “Saya menantikan solusi yang akan diberikan Inilah.com karena solusi jurnalisme ini akan menjadi penting. Kita sebagai anak bangsa ikut bertanggung jawab,” sambutnya.

Selain Lutfi, hadir pula dalam acara peluncuran tersebut CEO Kitabisa.com Alfatih Timur, komika perempuan Sakdiyah Ma’ruf, dan MC Kieky Cahya. Turut memberikan ucapan selamat di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran.

Kehadiran kembali Inilah.com tentu ditunggu oleh para pembaca setianya. Kini Inilah.com hadir dengan enam rubrik baru, di antaranya Viral (Berita), Empati (Jurnalisme Solusi), Inersia (Hiburan), IXU (Tanya Jawab), Hangout (Review), dan Kanal (Opini). a

Share :