Garuda Indonesia Airlines Tergelincir di Bandara Adisutjipto

Airmagz.com, Jakarta – Pesawat Garuda Indonesia Airlines tipe B737-800NG dengan nomor registrasi PK-GNK tergelincir di Bandar Udara Adi Sutjipto, Jogjakarta pada pukul 19.41 WIB. Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Kondisi hujan lebat diduga menjadi faktor penyebab pesawat mengalami slip di landasan pacu. Saat ini pesawat masih dalam proses evakuasi dari sisi landasan untuk bisa ditarik keluar landasan menuju area parkir di bandara tersebut.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengatakan seluruh penumpang yang berjumlah 123 orang berada dalam kondisi selamat tidak alami cidera. Selain itu 144 penumpang dewasa, empat bayi serta lima penumpang bisnis sudah selesai di evakuasi dan semuanya berada di Bandara Adisutjipto.

“Kondisi lima awak kabin dan dua aeak kok pit dipastikan juga dalam keadaan selamat,” katanya dalam keterangan yang disampaikan.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara, Agoes Subagio memohon maaf kepada penumpang yang terdampak atas penutupan bandara yang harus dilakukan tersebut.

“Kami sampaikan bahwa bandara ditutup sementara untuk evakuasi badan pesawat yang berada di runway menuju tempat yang aman sambil menunggu investigasi dari tim KNKT,” ujar Agoes dalam surat keterangan yang diterima.

Agoes juga meminta agar maskapai Garuda Indonesia dan maskapai lain serta pengelola bandara memberikan layanan sebaik-baiknya terhadap penumpang yang terdampak, sesuai peraturan yang berlaku.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA 258 tersebut berangkat dari Bandara Soekarno- Hatta, Cengkareng Banten. Pilot pesawat atas nama Capt. Rio Kurnia,  Flight Officer Aulia Riyani serta 5 awak kabin dan penumpang sebanyak 123 orang terdiri dari 114 penumpang dewasa, 4 Bayi dan 5 penumpang Kelas Bisnis.

Pesawat keluar landasan sewaktu mendarat dari arah runway 09 dengan kondisi cuaca hujan. Kondisi kru dan awak pesawat selamat, sekarang sedang proses evakuasi.

(Baca Juga: Kenali Potensi Wisata Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan)

Share :
You might also like