Tahukah Anda Tentang Masker Oksigen di Pesawat ?

Jakarta, Airmagz.com – Seorang pramugari acap kali diabaikan oleh para penumpang ketika sedang melakukan peraga cara menggunakan masker oksigen.  Tahukah kalian bahwa ada tiga fakta menarik mengenai masker oksigen di pesawat.

Pertama, masker oksigen yang jatuh di dalam pesawat, masker tersebut akan mampu menyuplai oksigen selama 15 menit saja.  Ketika pesawat terbang dalam ketinggian di atas 10 ribu kaki maka masker oksigen akan jatuh di dalam pesawat untuk membantu kita bernapas. Dibutuhkan sekitar kurang lebih 15 menit untuk menurunkan ketinggian pesawat yang akan membuat cadangan oksigen di kabin kembali normal.

Kedua, masker oksigen tidak akan keluar sampai waktu yang dibutuhkan.  Masker tetap akan disimpan dalam panel di atas kepala penumpang. Panel tersebut diisi berupa berbagai zat kimia yang isinya  menghasilkan oksigen.

Terakhir, masker oksigen tidak akan mengambang kantongnya. Kantong ini tidak akan menggembung secara cepat karena ukuran kantong disesuaikan dengan rata-rata udara yang dihirup. Jika nafas Anda tidak boros tentu saja kantong akan menggembung dan menympan udara.  Begitu juga sebaliknya, jika Anda menghirup udara dengan massa yang lebih banyak ia akan mengempis dengan cepat.

Baca Juga : 8 “Mitos” Penerbangan dan Jawaban atas mitos tersebut.

Share :
You might also like