Menhub Berharap Slot Penerbangan ke Madina di Tambah

Jakarta, Airmagz.com – Tingginya minat menjalankan ibadah Haji asal Indonesia, membuat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta slot penerbangan ke Madina lebih banyak ketimbang ke Jeddah.

“Kalau berkaitan dengan Madinah berapa (jumlah pesawat yang mendarat), tentunya kita akan mendasari perjanjian kita dengan Raja Salman dan tentunya kita akan berusaha. Biasanya, referensi ke Madinah itu lebih banyak. Kita akan minta ke Madinah lebih banyak, mengenai detailnya kita belum tahu berapa,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi.

Saat ini untuk jemaah haji Indonesia 2017 ini sebanyak 221 ribu jemaah, Menhub usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) membahas penyelenggaraan ibadah haji 2017 di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/3). Dengan Kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada awal Maret 2017 lalu, imbuh Menhub, membuka kemudahan untuk Indonesia dalam penerbangan haji. Menhub mengatakan Indonesia diberikan slot unlimited untuk penerbangan haji.

“Berkaitan dengan transportasi, sebenarnya secara makro pemerintahan Arab Saudi itu memberikan keleluasaan yang lebih kepada kita. Kalau selama ini, kita slot itu praktis dibatasi. Dengan kedatangan Raja Salman, kita diberikan unlimited (penerbangan tidak terbatas) berapa pun kita bisa, artinya tergantung slot yang ada di sana,” imbuhnya.

Senada dengan Menhub, Menko PMK Puan Maharani mengatakan bahwa rute penerbangan haji tahun ini menjadi lebih mudah. Indonesia telah mendapat izin mendarat tidak hanya di Kota Jeddah melainkan juga Madinah. “Rute penerbangan juga lebih mudah karena kita sudah dapatkan izin untuk mendarat bukan hanya di Jeddah tapi juga Madinah,” kata Puan kepada awak media.

Dalam Kunjungan Raja Salman beberapa waktu lalu, Indonesia diberi kebijakan open sky oleh Saudi. Ada pun kesepakatan yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya adalah nota kesepahaman otoritas aeronautika Republik Indonesia dan otoritas Arab Saudi.

Keberangkatan jamaah haji gelombang I direncanakan mulai 6 Agustus 2017 dengan rute dari Indonesia menuju Madinah dan gelombang II pada 26 Agustus 2017 dengan rute Tanah Air – Jeddah. Jamaah haji asal Indonesia juga direncanakan mulai dipulangkan pada gelombang I dengan rute Jeddah – Tanah Air di tanggal 6 September 2017 dan gelombang II pada 6 Oktober 2017 denga rute Madinah – Tanah Air.

Baca Juga : Kemenhub Ingatkan Kesiapan Maskapai Sambut Lebaran

Share :
You might also like