Bandara Timika Terancam Tutup

Jakarta, Airmagz.com – Timika- Ancaman Bandara Timika disebabkan permasalah PT Freeport Indonesia dengan Pemerintahan Indonesia.  Izin eksport konsentrat yang tidak diberikan oleh pemerintah sejak 12 Januari 2017 yang menjadi permasalah. Ancaman ini ditindak serius oleh aparat Kepolisan Resor Mimika dengan mengantisipasi.

Dilansir dari situs Antara, Kabag Ops Mimika Komisaris Polisi I Nyoman Punia di Timika, Kamis,  mengatakan belum mendapatkan kabar fasilitas publik yaitu bandara di Timika akan ditutup.

“Kalau informasi itu kami belum terima. Kalau memang benar, kami mengimbau agar jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan semua pihak. Sebab fasilitas umum seperti Bandara, perkantoran pemerintah dan lainnya itu semua orang berhak menggunakannya,” ujar Nyoman.

Namun, di Bundaran Timika Indah sendiri sudah terjadi orasi dari Gerakan Solidaritas Pedulu Freeport.  Juru bicara Frederic Magai mengatakan akan mengancam akan menutup Bandara dan fasilitis publik lainnya yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia bersama dengan masyarakat dan karyawan.  Mereka menuntut untuk dilanjutkan kembali usaha pertambangan yang berada di Tembagabura, Mimika, Papua.

Fasilitas publik yang dibangun oleh Freeport di Mimika seperti Bandara Mozes Kilangin Timika, gedung utama Kantor Bupati Mimika, fasilitas Mimika Sport Complex untuk menunjang penyelenggaraan PON 2020, fasilitas pengolahan air bersih di Check Point Utara 5 Kuala Kencana dan lainnya.

Baca Juga : Penerbangan Komersial Pertama di Bandara Sorowako

Share :
You might also like