Ratusan Warga RW 12 Manggarai long march Tolak Pembangunan Stasiun Kereta Bandara Soetta

Jakarta, Airmagz.com – Lantaran terancam di gusur tempat tinggal mereka atas proyek pembangunan stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta.Ratusan warga RW 12 Manggarai, Jakarta Selatan menggelar aksi berjalan kaki atau long march dari kawasan tempat tinggal menuju kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Saya ingatkan lagi. Kami tidak berdemo. Kami hanya ingin minta tolong Komnas HAM menyampaikan aspirasi kita ke pemerintah,” tutur Sadarajab alias Daeng, Jumat (24/3) di Jakarta.

Rencanaya, PT. Kereta Api Indonesia akan melaksanakan proyek pembangunan Stasiun Kereta Soekano-Hatta yang diperkirakan melintas di sekitar wilayah RW 12 Manggarai Jakarta Selatan. Sementara itu, banyak masyarakat yang telah tinggal sejak 1954, merasa terancam atas proyek tersebut. Masyarakat menuju Komnas HAM melaporkan aspek pembangunan yang dianggap merugikan masyarakat. Hingga kini, pemerintah belum mengeluarkan surat resmi penggusuran.

Beberapa orang kepolisian menjaga aksi long march. Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tebet, Nurdin Arahman, sempat memberi pesan kepada warga. “Jangan merasa risih dengan keberadaan kami. Kami hanya ingin menemani bapak-ibu agar hari ini berjalan kondusif,” tutur Nurdin seraya disambut sorak-sorai warga Manggarai.

Beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan proyek KA menyebabkan 130 rumah di sekitar area proyek yang harus dibebaskan. “KA bandara sejauh ini sebenarnya sudah selesai semuanya. Hanya masih ada di beberapa titik saja, ada sekitar 130 rumah yang harus diselesaikan. (KA Bandara) ini akan selesai Juni 2017, Insya Allah bisa,” tutur Budi seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Perhubungan.

Pembangunan jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan selesai mulai Juni dan beroperasi Juli tahun ini. Kereta Bandara Soekarno-Hatta nantinya akan melayani masyarakat mulai dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan berakhir di Bandara Soekarno-Hatta dengan total lintasan sejauh 36,3 kilometer. Waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar 45 menit sedangkan jarak dari stasiun Manggarai sekitar 54 menit.

Baca Juga : Kereta Bandara Soetta dari Manggarai Masih Harus Menunggu Dua Tahun Lagi

Share :
You might also like