Bandara Blimbingsari Banyuwangi Tahun 2017 Mulai di Oprasikan

Jakarta, Airmagz.com – Uji coba pengoprasian Terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi rencanya akan mulai dibuka sebelum lebaran pada Juni 2017. Pembukaan bandara itu digadang-gadang akan berbarengan dengan realisasi rute penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi.

“Iya, dibuka sekitar Juni sebelum lebaran lah, seiring dengan direct flight Jakarta-Banyuwangi,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat tinjau kawasan green building Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Sabtu (25/3).

Nantinya penerbangan langsung rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi awalnya ditargetkan bisa beroperasi pada April 2017. Namun ada beberapa spesifikasi ideal panjang runway dan PCN (Pavement Classification Number) yang harus terlebih dahulu dirampungkan.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi Tahun 2017 Mulai di Oprasikan

“Bukan mundur, tapi akan jalan direct flight nya kalau PCN nya naik tapi kan penebalan masih progres. Peraturan dari pemerintah pusat kan harus dipatuhi, audit bandara dan sesuai dengan perundang undangan yang berlaku,” tuturnya.

Untuk mendaratkan Boeing idealnya panjang landasan 2500 meter, dengan ketebalan landasan 39 PCN (Pavement Classification Number). Saat ini runway Bandara Blimbingsari masih 2250 meter dengan lebar 30 meter. Sepanjang 1800 meter ketebalannya baru 27 PCN. Dengan klasifikasi ini, landasan baru bisa digunakan untuk jenis pesawat ATR.

Namun jika PCN Bandara Blimbingsari selesai dikerjakan, maka landasan bandara hijau ini bisa diterbangi pesawat sejenis Bombardier CRJ 1000 dengan kapasitas 96 penumpang.

Baca Juga : Pesawat Amfibi Jadi Alternatif Pendaratan Bandara Blimbingsari

Share :
You might also like