Pilot : Sinar Laser Berbahaya

Jakarta, Airmagz – Airnav Indonesia beberapa kali mendapatkan laporan dari pilot mengenai adanya sinar laser yang mengganggu penerbangan. Dapat dikatakan hampir di seluruh bandara hal ini menjadi problem.

“Ada beberapa laporan di Batam, Denpasar, Yogyakarta dan Jakarta sendiri. Kami tindak lanjuti dengan menyampaikan kepada Otoritas Bandara di tempat terjadinya peristiwa. Biasanya Otoritas Bandara langsung berkoordinasi dengan kepolisian,” kata Ari Suryadharma, Corporate Secretary AirNav Indonesia di Jakarta kemarin lusa.

Salah satu pilot pesawat airbus, Capt. Rafiqul Hamid mengungkapkan bahwa cahaya laser ini sangat mengganggu ketika tepat mengenai mata pilot, bahkan membahayakan.

“Bukan hanya mengganggu tapi bahaya sekali karena bisa hilang penglihatan dalam beberapa saat, apalagi kalau (mata) dua-duanya sudah kena. Dan kita tidak bisa punya opsi lain, kalau misalnya di saat-saat kritikal ya kita harus membatalkan pendaratan terutamanya,” ujarnya dalam acara diskusi di salah satu stasiun televisi swasta, Sabtu malam (19/3/2016).

Seperti diketahui, sekarang ini ada penjualan laser yang berwarna hijau. Dimana laser warna hijau ini memang berbeda dengan laser warna merah yang biasa digunakan pada saat presentasi. Laser cahaya hijau sinarnya bisa mencapai kiloan meter. Apabila ditembakkan ke pesawat, cahaya itu berpotensi gangguan pada saat pesawat take off maupun landing.

Share :
You might also like