Investigasi “Runway Incursion”. Airnav : ATC dan Supervisor Kami Grounded.

Jakarta, Airmagz.com – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA981/PK-GIK/Boeing N 777 dan Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ Y072/PK-CMR/Boeing 738 nyaris bertabrakan di landas pacu Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Kejadian Runway Incursion ini sangat di sayangkan oleh berbagai pihak, khususnya para penumpang pada pesawat dengan penerbangan yang di maksud.

“Betul bahwa ada kejadian tersebut (near miss) dan hal itu menyebabkan ketidaknyamanan pada GA dan penumpangnya.” Ujar Humas AirNav Indonesia/corporate communications Yohanes Harry Sirait.

Sebagai Lembaga yang mengurusi masalah navigasi, Airnav Indonesia juga sangat menyayangkan atas kejadian tersebut, mereka akan segera melakukan evaluasi menyeluruh terkait insiden Runway Incursion yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta pada hari Selasa (11/4/2017) sekitar pukul 09.57 WIB (02.57 UTC).

“AirNav Indonesia mohon maaf atas kejadian tersebut. Kami sedang melakukan investigasi atas peristiwa ini. Namun, ATC dan supervisor, sudah kami grounded untuk proses investigasi.” Ungkap Yohannes.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga sudah menugaskan personil Navigasi Penerbangan untuk melakukan investigasi Go Around GIA981 terhadap personil JATSC yang saat itu bertugas.

Kronologi Runway Incursion.

– GIA981 melakukan intial contact dengan Bandara Soekarno HattaTower dan melaporkan posisi pesawat leaving point PAKAR;

– GIA 981 diberikan info tentang altimeter setting dan sequence untuk landing oleh Bandara Soekarno Hatta tower dan di-readback dengan baik dan benar oleh pilot;
-Bandara Soekarno Hatta Tower memberikan take off clearance untuk GIA234;

– Bandara Soekarno Hatta Tower memberikan clearance line up kepada SJY072 dibelakang departing traffic (GIA234) dan di-readback dengan baik dan benar oleh pilot;

– GIA981 diberikan traffic info dan wind condition;
-GIA981 diberikan landing clearance dan di-readback dengan baik dan benar oleh pilot;

– SJY072 menginformasikan pesawat proses line up 25R;
– GIA981 diinstruksikan oleh ATC untuk go around runway 25R;
-GIA981 landing dengan selamat menggunakan runway 25R.

Baca Juga : Menghindari Runway Incursion. Agus : Selalu Waspada dan Menaati SOP

Share :
You might also like