Kronologi Penemuan Pesawat Cessna PK-FSO Yang Hilang Di Oksibil

Jayapura, Airmagz.com – Pada Hari Kamis tanggal 13 april 2017, Pukul 07.30 Wit pesawat AMA PK-RSE dengan capt. Pilot erik melakukan seeflight di bukit anum 5 kali putaran dan melihat secara fisual posisi pesawat dalam keadaan hancur di tebing bukit anum di ketinggian 7100 feet DPL dengan koordinat S 04.47.79-E 140.39.77.

Pukul 07.20 pesawat kembali ke bandara Oksibil, pukul 08.56 Wit Tim KNKT berjumlah 12 orang yang terdiri dari tiga KNKT, delapan SAS, satu KA dinas perhubungan tanah merah di pimpin oleh charudin. Pukul 09.50 Wit dengan menggunakan pesawat AMA Pk-RSE dengan kapten pilot erik bersama tim gabungan berangkat melakukan seeflight yang terdiri dari 1 anggota basarnas, 1 anggota KNKT, 1 anggota polres, 1 anggota AirNaw, 1 KA bandara, dan 1 Anggota pamtas.

Pukul 09.15 Wit Basarnas Jayapura dengan jumlah 11 orang tiba di bandara Oksibil dengan pesawat trigana, Pukul 10.45 Wit tim gabungan seeflight tiba di bandara Oksibil melaporkan 5 kali putara dan mengambil gambar fisual pesawat dalam keadaan hancur.

Pukul 10.55 Wit dilaksanakan rapat koordinasi yang di pimpin oleh kapolres di hadiri Asisten I dan asisten II, sekda, wakapolres, basarnas, KNKT, SAS, Pamtas 700, Kadishub, Pabung serta koramil adapun pokok-pokok yang di bahas:

a. Posisi pesawat sulit di jangkau dengan jalur darat sehingga perlu menggunakan heli AIRFAST.
b. Perlu siapkan personel perwakilan dari basarnas, TNI/POLRI dll, yang memiliki kemampuan evakuasi di daerah sulit dan bisa di berangkatkan kapan saja.
c. Aftur harus stand by di bandara di bandara Oksibil.

Pukul 16.50 Wit tim Evakuasi dari polres Pegunungan bintang berjumlah 8 orang melaporkan telah tiba di TKP dan menemukan capt. Pilot Rio Pasaribu sudah tidak bernyawa lagi, serta tim lanjut mencari black box dan menemukan kotak warna perak yang di duga black box. Pukul 17.29 Wit tim evakuasi telah membungkus jenazah dengan katong mayat, berhubung terjalnya medan,dan kondisi cuaca yang kurang baik, selanjutnya tim evakuasi memutuskan mencari desa terdekat untuk meminta bantuan masyarakat setempat, guna beristirahat untuk melanjutkan evakuasi esok harinya.

Baca Juga : Hilang Selama 1 Hari Pesawat Cessna PK-FSO Ditemukan Hancur

Share :
You might also like