Menhub lakukan Ramp Check Bersama Dirut Garuda dan Airnav di Soetta

Jakarta, Airmagz.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ramp check bersama dengan Dirut Garuda yang baru yakni Pahala Mansury dan Direktur Airnav Indonesia Novie Riyanto  di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (14/4).

“Hari ini sudah dilakukan ramp check 47 pesawat. Hasilnya Alhamdulillah semuanya bagus. Harapan saya Garuda Indonesia konsisten. Saya berpesan juga Garuda ini kan Flag Carrier jadi kita tidak bisa memberikan service seadanya karena Garuda kebanggaan Indonesia,” ujar  Budi Karya Sumadi.

Ia menjelaskan mengenai angkutan lebaran dengan menggunakan pesawat agar ditingkatkan kapasitas penumpangnya.

“Udara masih menjadi pilihan moda transportasi oleh karenanya kita sudah diskusikan supaya airlines yang ada dapat meningkatkan kapasitasnya bukan hanya 30% saja tapi kalau bisa sampai 50%. Hal ini kita lakukan agar masyarakat bisa terlayani. Seperti Garuda Indonesia meningkatkan kapasitasnya dalam 10 hari dari 31.000 penumpang menjadi 45.000 penumpang atau meningkat sekitar 30%,” jelas Menhub.

Budi Karya Sumadi juga memastikan penerbangan internasional Garuda Indonesia akan pindah ke Terminal 3 pada 1 Mei mendatang.

“Maka masih ada 15 hari untuk perisapan SOP dan peralatan,” jelas menhub.

Dengan adanya persiapan pemindahaan ini, Garuda diminta oleh Menhub untuk melakukan latihan yang intensitf dengan simulasi di waktu yang padat secara simultan.

“Saya minta kepada AP II dan Garuda untuk melakukan latihan, simulasi secara simultan di waktu peak (padat) atau sekitar pukul 20.00. Jadi kita ingin tahu pada saat peak jam 20.00 dengan 8 pesawat yang beroperasi bagaimana cara kerja dari check in dan petugas yang melayani penumpang,” terang Menhub. Untuk masalah bandara, Menhub mengatakan perlu ada perbaikan pada swing gate pada Terminal 3 ini.

“Yang perlu diperbaiki yaitu swing gate. Itu masalah yang major, yang lainnya hanya perbaikan minor saja,” pungkas Menhub.

Baca Juga : Kemenhub Tentukan Pembangunan Bandara Baru di Bali

Share :
You might also like