GMF AeroAsia gandeng Jet Parts Engineering Selenggarakan “Asia Cost Savings Symposium”

Bali, Airmagz.com – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF), anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., yang bergerak di bidang perawatan pesawat (MRO) menyelenggarakan acara ‘Asia Cost Savings Symposium 2017’ di Pan Pacific Nirwana Resort, Bali. Acara ini terselenggara atas kerja sama GMF dengan produsen PMA (Parts Manufacture Approval) asal Amerika, Jet Parts Engineering. Pada acara yang diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 14 April ini dibahas mengenai pengalaman penghematan biaya perawatan pesawat dan ‘best practice’ dari masing-masing sektor bisnis. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 70 orang pelaku bisnis Aviasi dari seluruh kawasan Asia, diantaranya Operator Pesawat, MRO, dan juga Badan Otoritas penerbangan. Acara ini terlaksana dengan didasari oleh keinginan GMF dan Jet Parts untuk memberikan solusi perawatan pesawat yang lebih murah dan efisien. Biaya perawatan pesawat sendiri menghabiskan sekitar 40% dari total biaya operasional operator pesawat.

Simposium ini secara resmi dibuka oleh Kasubdit Produk Aeronautika Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Kus Handono. Pada sambutannya, Kus mengatakan symposium ini bernilai penting untuk perkembangan industry aviasi dalam Asia khususnya Indonesia. “Untuk perkembangan bisnis, cost savings adalah hal yang penting. Tetapi bagaimana cost savings tidak menurunkan aspek quality & safety menjadi hal yang lebih penting,” tuturnya.

 

Kerja Sama Strategis

Selain berisi sharing dan diskusi panel, dalam acara ini GMF dan Jet Parts juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk kerja sama strategis. Adapun melalui nota kesepahaman yang ditandatangani pada hari kedua acara, tanggal 13 April 2017 tersebut Jet Parts mempercayakan GMF sebagai authorized distributor produk Jet Parts Engineering dikawasan Asia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pelaksana Tugas Direktur Utama GMF I Wayan Susena dan CEO Jetparts Anu Goel. Pada kesempatan tersebut Wayan mengatakan kerja sama ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan dari Jetparts sebagai partner GMF sebagai Authorized Distributor oleh Jet Parts Engineering. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Jet Parts Engineering kepada GMF. Dalam menuju visinya menjadi Top 10 MRO in The World di tahun 2020 GMF tidak dapat berdiri sendiri namun perlu didukung oleh partner strategis salah satunya Jetparts Engineering ini.” Katanya.

Wayan menambahkan, kerja sama ini memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis dan memperkuat jaringan GMF dikawasan Asia. Bersamaan dengan Wayan, CEO Jet Parts Engineering, Anu Goel mengatakan bahwa bermitra dengan GMF merupakan suatu kesempatan untuk memasuki pasar Asia. “GMF merupakan salah satu leading MRO di Asia, dan bersama Jet Parts Engineering, dapat mengembangkan industry aviasi khususnya di Asia.” tambah Anu.

Solusi Efektivitas Kebutuhan Material Pesawat

Pada hari yang sama dengan penandatanganan kerja sama, GMF juga memperkenalkan GMF AeroTrade yang merupakan salah satu layanan Material Services yang dimiliki GMF. Layanan ini memberikan kemudahan bagi airline dan MRO untuk saling memberikan support material. Asia Cost Savings Symposium dinilai tepat untuk memperkenalkan layanan GMF Aerotrade. Dalam kesempatan ini VP Material Services GMF Irfan Kurniansjah
yang secara langsung memperkenalkan layanan ini mengatakan GMF AeroTrade memiliki keunggulan yaitu; permintaan sparepart dapat diakses langsung melalui website, begitu pula dengan pertukaran dan peminjaman material dan pooling. Selain itu, diharapkan dengan adanya layanan baru ini dapat membuka peluang kemitraan dan kerja sama demi mendorong tercapainya visi GMF di tahun 2020 menjadi Top 10 MRO in The World.

Baca Juga : GMF Gandeng Jepang Bangun Fasilitas Perawatan Pesawat

Share :
You might also like