China Akan Bangun Bandara Helikopter Pertamanya

Jakarta, Aimagz.com – Shanghai akan membangun Bandara helikopter pertama di bekas Bandar Udara Longhua di Distrik Xuhui  awal 2019 nanti.

Longhua Helicopter Airport akan dibangun seluas 30.000 meter persegi di daerah tepian sungai Xuhui. Rencananya bandara ini akan memiliki apron dan hanger untuk 21 helikopter. Akan dibangun pula terminal, menara kontrol lalu lintas udara, dan fasilitas pemeliharaan helikopter.

Menurut Sekretaris General Manager dari Bandara Helikopter Longhua, Zhou Ming, “Bandara ini utamakan layani helikopter yang digunakan oleh manajemen perkotaan dan untuk kebutuhan darurat.” Ujarnya.

Diperkirakan lebih dari 4.000 helikopter akan lepas landas dan mendarat di bandara ini pada 2020. Bahkan pada peak periods, tiga helikopter diperkirakan akan lepas landas atau mendarat setiap jamnya.

“Helipad juga nantinya dapat melayani beberapa penerbangan komersial antar kota, tetapi tidak untuk penerbangan wisata,” tambah Zhou.

Sementara, Bandara Longhua dibangun pada 1917, dan digunakan untuk keperluan sipil dan militer. Pada 1935, bandara ini dianggap sebagai bandara terbesar bandara di Timur. Bandara ini kemudian digunakan hanya untuk pelatihan pilot dan airships, karena lokasinya yang berada di pusat, yang berarti tidak lagi cocok bagi pesawat dengan fixed-wing untuk lepas landas dan mendarat.

Setidaknya tahun ini, Administrasi Penerbangan Sipil China akan membentuk Pusat Pelayanan Umum Penerbangan China Timur (East China General Aviation Service Center) di sebuah gedung perkantoran di samping bandara. “Pusat ini akan menawarkan layanan one-stop untuk aplikasi rute terbang dan jasa penerbangan umum lainnya,” kata Bao Weiguo, General Manager bandara ini.

Saat ini, para pemilik bisnis helikopter dan jet harus mengajukan permohonan untuk terbang pada badan-badan pemerintah. Service Center ini juga nantinya akan membuka platform aplikasi online untuk para pelamar di masa depan untuk menghemat waktu dan biaya untuk klien.

Sementara itu, pemerintah Xuhui berencana untuk mengubah salah satu dari dua landasan pacu bekas Bandara Longhua ini menjadi taman yang berisi jalur sepeda dan jalur jogging.

Baca Juga : Saham China Southern Dibeli American Airlines

 

Share :
You might also like