Dorong Kunjungan Wisatawan, Pemprov Banten Gelar Event Banten Travel Mart

Jakarta, Airmagz.com – Keseriusan Pemerintah Provinsi Banten menggarap destinasi wisata diwujudkan, salah satunya dengan menggelar event Banten Travel Mart yang diselenggarakan di Tanjung Lesung Beach Resort pada 19-21 April 2017. Acara yang diinisiasi ASITA Banten itu akan menghadirkan para travel agent, tour operator, hotel dan pengelola objek wisata.

Perhelaan acara yang didukung penuh Pemerintah Provinsi Banten dan Deputi Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu memang untuk mempertemukan para pelaku bisnis dengan pemangku kepentingan bidang turisme.

Menurut Ida Irawati selaku person in charge (PIC) Tanjung Lesung di Pokja Destinasi Wisata Prioritas Kemenpar mengatakan, Banten Travel Mart 2017 akan menjadi ajang pertemuan seller dan buyer pariwisata. Harapannya, ada pengembangan paket-paket wisata dalam ajang itu.

“Banten mempunyai keindahan wisata alam, budaya dan religi serta kearifan lokal yang kuat, sehingga diharapkan dengan sinergi bersama para pelaku bisnis akan mampu meningkatkan peran sektor industri pariwisata Provinsi Banten,” ujar Ida.

Sementara itu, akan ada Pandeglang Food Festival 2017 pada 29 April nanti. Kegiatan itu merupakan rangkaian hari ulang tahun Kabupaten Pandeglang ke-143. Lokasi untuk Pandeglang Food Festival 2017 pun menarik, yakni di Teluk Labuan. Dan tak kalah menarik, Dinas Perikanan Banten akan mencanangkan “Gerakan Makan Ikan” pada event itu.

“Akan ada penampilan seni budaya tradisional, makanan khas kuliner Banten, produk khas daerah setempat yang semua akan digelar di tepi demarga Teluk Labuan,” kata Ida.

Usaha untuk menarik wisatawan ke Banten tidak hanya melalui atraksi. Sumber daya manusia (SDM) pariwisata setempat pun terus dibina untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kadispar Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati juga serius menghidupkan pariwisata yang potensial di Banten.

Ida menuturkan, Kemenpar yang dipimpin Arief Yahya telah menggelar pelatihan dasar SDM pariwisata bagi para pelaku industri turisme di Pandeglang dan Carita yang termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

“Dalam pelatihan tersebut disampaikan pentingnya peran peningkatan SDM pariwisata untuk menambah daya saing di KEK Tanjung Lesung dan Provinsi Banten,” kata Ida.

Baca Juga : Pembangunan Bandara Banten Selatan Pindah Lokasi

Share :
You might also like