Tabrakan Batik Air dan Transnusa Rusak Parah, Ini Kronologinya

Jakarta, Airmagz.com-Insiden tabrakan antara pesawat Batik Air registrasi PK-LBS dan pesawat Transnusa registrasi PK-TNJ di landasan pacu (runway) Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (4/4) malam menyebabkan kerusahan parah beberapa bagain kedua pesawat, berikut kronologi kejadiannya versi Kementerian Perhubungan.

Pesawat Batik Air PK-LBS Sayapnya Rusah Parah/Foto : Istimewa Sekjen INACA Tengku Burhanuddin
Pesawat Batik Air PK-LBS Sayapnya Rusah Parah/Foto : Istimewa Sekjen INACA Tengku Burhanuddin

Pada hari Senin 04/04/16 sekitar pukul 19.55 Wib telah terjadi tabrakan pesawat di Run Way Lanud Halim antara pesawat Transnusa jenibs ATR reg PK-TNJ dengan pesawat Batik Air jenis Boeing 737-800 reg PK-LBS rute HLP-UPG (ujung pandang) dengan kronologis awal sbb:

Pada saat pesawat batik air sedang take off, pada saat yang bersamaan terdapat pesawat Transnusa yang berada di run way yang sedang di towing menuju hanggar. Adapun kerugian yang ditinbulkan :

  1. Pesawat ATR rusak pada bagian ekor pesawat dan sayap bagian kiri, sedangkan pada pesawat batik rusak pada bagian ujung sayap sebelah kiri.
  2. Tidak terdapat kerugian/korban jiwa pada kecelakaan ini. Semua penumpang dan kru pesawat pesawat dapat dievakuasi dengan selamat.

Untuk sementara Bandara Halim ditutup dari kegiatan penerbangan sesuai Notam Nomor A1006, penutupan Runway Bandara Halim Perdanakusuma diperpanjang sampai dengan estimasi tanggal 4 April 2016 pukul 24.00 WIB karena proses evakuasi pesawat Batik.

Share :
You might also like