Kemehub Minta KNKT Selidiki Insiden Batik Air dan Transnusa

Jakarta, Airmagz.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan koordinasikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki kejadian senggolan pesawat Batik Air dengan pesawat Transnusa yang terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin malam (4/4/2016) pukul 19.55 WIB.

Pesawat Batik Air PK-LBS Sayapnya Rusah Parah/Foto : Istimewa  Sekjen INACA Tengku Burhanuddin
Pesawat Batik Air PK-LBS Sayapnya Rusah Parah/Foto : Istimewa Sekjen INACA Tengku Burhanuddin

“Akan dilakukan oleh KNKT ya nanti akan di investigasi mulai dari petugas ATC (menara), ground handling sampai dengan kru kedua pesawat itu,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta, Senin malam (4/4/2016).

Menurut dirinya, kejadian senggolan antara pesawat Batik Air dan Transnusa tersebut bisa dikarenakan missed komunikasi. “Ini pasti kesalahan komunikasi karena tidak sinkron, pesawat belum selesai nyebrang landasan, Batik Air sudah take off,” pungkasnya.

Saat kejadian pesawat Transnusa sedang ditarik menggunakan towing atau mobil penarik pesawat melintasi runway menuju tempat parkir pesawat atau hanggar, sementara pesawat Batik Air hendak lepas landas di runway yang sama.

Pesawat Transnusa PK-TNJ Rusak Parah/ Foto : Istimewa
Pesawat Transnusa PK-TNJ Rusak Parah/ Foto : Istimewa

Dikabarkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun keadaan kedua pesawat rusak patah. Seluruh penumpang, crew dan awak pesawat Batik Air dalam keadaan selamat, sementara pesawat Transnusa dalam keadaan kosong.

Akibat kejadian tersebut, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sempat di tutup pada pukul 20.00 WIB sehingga jadwal penerbangan keberangkatan maupun kedatangan tergganggu.

 

 

 

Share :
You might also like